Cek Sensor Suhu Yang Bermasalah Pakai Ketek

Motorplus - Jumat, 16 Oktober 2015 | 18:00 WIB

Ada penyemplak Yamaha Jupiter MX 135LC yang tanya ke www.motorplus-online.com bagaimana mengatasi indikator suhu yang sering nyala alias tanda mesin overheat. Padahal, ia mengaku mesin masih dingin dan baru dinyalakan. Brother harus tahu cek sensor suhu bermasalah.

Indikasi penyebab yang kerap terjadi, gara-gara cek sensor suhu bermasalah. Untuk cek sensor suhu bermasalah atau tidak, caranya gampang.

“Sensor ini menghasilkan tahanan ketika terkena panas. Ukur saja tahanannya lewat terminal yang ada di sensor pakai multitester. Sembari sensor suhunya dikasih suhu panas. Bisa dengan dijepit di ketiak alias ketek atau rendam ujungnya di air panas,” bilang Tomy Huang, bos BRT di Cibinong, Jawa Barat.

Dalam kondisi normal dan sensor dilepas, tahanannya saat diukur pada suhu udara sekitar 28°, mencapai 1,66 ohm. Ketika dijepit di ketiak sekitar 5 menit, tahanannya terlihat turun jadi 1,56 ohm. Makin dikasih suhu panas, tahanannya akan makin turun.

Bila nilainya 0, tandanya sensor ada masalah atau ini keadaan sensor suhu rusak. Jadinya, suhu mesin akan terbaca overheat terus. (www.motorplus-online.com)

 

Penulis : Motorplus
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular