Aturan Penalti Poin Di MotoGP

Motorplus - Senin, 26 Oktober 2015 | 20:34 WIB

Penalty point alias poin pinalti seperti hukuman untuk pemilik SIM. Kesalahan yang dilakuan bikers yang punya SIM akan poin kesalahan berdasarkan jenis kesalahannya. Seandainya sobat bikin lagi kesalahan, poin akan ditambah dengan poin sebelumnya. Begitu juga dengan poin pinalti di MotoGP.   

Karena poin pinalti bukan pemotongan poin klasemen pembalap, angka poin yang didapat Valentino Rossi tetap 312 poin sampai race di Sepang. Untuk jenis tindakan Valentino Rossi terhadap Marc Marquez di MotoGP Sepang, Malaysia (25/10), langsung mendapatkan tiga poin pinalti.

Aturan penalti poin di MotoGP Berdasarkan aturan FIM halaman 187-189 di Pasal 3 tentang Disiplin dan Penilaian, ayat 2 poin ke-1 diatur jenis hukuman berdasarkan banyaknya poin kesalahan.

4 Poin Pinalti            : Hukuman untuk pembalap start dari posisi grid terakhir

7 Poin Pinalti             : Hukuman untuk pembalap start dari pit lane

10 Poin Pinalti           : Hukuman untuk pembalap diskualifikasi dari seri berikutnya

                                         Kalau pinalti 10 poin didapat di seri terakhir, poin hasil balap yang

                                         didapat pembalap dihapus

Aturan penalti poin di MotoGP berlaku selama 365 hari atau setahun. Makanya, 3 poin pinalti yang disanksikan untuk Valentino Rossi ditambah dengan 1 poin pinalti sebelumnya. Satu poin pinalti didapat Vale saat MotoGP Misano. (www.motorplus-online.com)

 

 

Penulis : Motorplus
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular