Rahasia Honda CB 450 Chopper Bobber Juara Kustomfest Dibikiin Seperti Motor Baru

Motorplus - Rabu, 28 Oktober 2015 | 06:06 WIB

Honda CB 450 ini jadi juara kelas Chopper Bobber di kontes modifikasi Kustomfest yang berlangsung di Jogja beberapa waktu lalu. Honda CB 450 chopper bobber Juara Kustomfest yang jurinya dari luar negeri dan juga builder kondang. Paling menarik perhatian dari Honda CB 450 chopper bobber Juara Kustomfest ini, penggarapan finishing-nya yang rapi dan terkonsep.

Coba lihat lebih teliti pada foto. Setiap bagian di motor seperti menyatu satu sama lain. Tidak terlihat seperti motor modifikasi kebanyakan. Lebih mirip motor baru yang dikeluarkan pabrikan. Semuanya rapi dari depan hingga belakang.

“Motor ini sebenarnya sudah jadi sejak satu tahun lalu. Namun, akhir-akhir ini baru kita garap lagi finishing-nya lebih serius. Seperti penempatan kabel, pemasangan tutup aki dan beberapa detail lainnya. Alhamdulilah hasilnya seperti yang kita inginkan,” cuap Ari Suprianto, modifikator dari bengkel Protechnic yang garap motor ini.

Untuk mendapatkan tampilan motor serapi ini banyak pengorbanan yang dilakukan. Sebab, hampir seluruh bagian menggunakan part dari motor yang berbeda. Buat lebih lengkapnya sobat bisa lihat rincian modifikasinya.

RANGKA

Mesin dua silinder CB 450 ini dikawinkan rangka Honda CB 650 yang sejatinya menggendong mesin 650 cc 4 silinder Honda CB 450 chopper bobber Juara Kustomfest. Perbedaan dimensi dan bentuk mesin mewajibkan Ari sang builder berpikir keras. Banyak penyesuaian yang harus dilakukan agar mesin bisa terpasang sempurna di rangka CB 650.

“Saat mesin CB 450 dipasang ke rangka CB 650 ada masalah pada downtube atau rangka bawah. Rangka asli CB 450 punya downtube satu, sedangkan CB650 dua. Supaya downtube tidak mentok di knalpot harus dipotong. Diubah jadi satu menggunakan pipa besi ukuran 1 inci. Dudukan mesin juga harus disesuaikan mesin CB 450,” beber Ari yang doyan tampil sederhana itu.

Untuk rangka belakang juga wajib disesuaikan. Tulang asli dipotong dan dibuat ulang menggunakan pipa ¾ inci. Desainnya sengaja dibuat mendatar agar sesuai konsep awal motor yang ingin dibuat bergaya bobber.

KAKI-KAKI

Diameter sok depan yang besar berkontribusi membuat tampilan motor jadi lebih sangar. Sok depan ini diambil dari Honda CBR 900 yang diproduksi tahun 90-an. Desainnya masih teleskopik yang membantu mengeluarkan karakter vintage pada motor.

Pindah ke belakang, terlihat swing arm kekar copotan Suzuki GSX 400 Impulse. Tidak langsung pasang, ada sedikit penyesuaian agar cocok dengan rangka CB 650 yang dipasang. Bagian belakang swing arm harus dipapras 7 cm dan disambung kembali dengan dudukan as rodanya. Dengan begitu, ban belakang tidak menjulur keluar dari rangka saat dipasangkan.

BODI

Seluruh bodi CB 450 ini dibuat ulang. Hampir seluruh bodi seperti tangki dan tutup aki dibuat dari fiberglass. Bukan tanpa alasan. Dipilih fiberglass agar lebih murah dan juga ringan.

“Sebelumnya tidak dipasangkan penutup aki. Namun, untuk ikut kontes dibuatkan penutup aki biar terlihat lebih rapi. Jadi, beberapa part pengapian yang mengganggu penglihatan kita letakan di bagian itu dan di bawah tangki. Hasilnya keliatan jauh lebih rapi,” tutup builder yang bengkelnya di Jl. Pahlawan No. 80C, Rempoa, Ciputat, Tangerang Selatan. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan     : Avon 3,50-19

Ban belakang  : Avon 5,00-16

Pelek         : Yamaha XS

Sok belakang  : Showa

Kaliper rem   : Brembo

Protechincs   : 0813-8302-774

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular