Perubahan Kedua Yamaha RD 350 Jadi Cafe Racer

Motorplus - Selasa, 19 April 2016 | 11:31 WIB

Punya istri yang juga doyan main motor, memang asyik. Apalagi mainannya punya basic mesin yang joss, yaitu, Yamaha RD 350 dengan mesin 2-tak twin silinder. Setelah tampang orisinil Yamaha RD350 dicopot, ini perubahan kedua yang dilakukan oleh Imanuel Prakoso, owner dari Treasure Custom Garage, yang konsep modifikasinya jadi cafe racer.

“Konsep pertama bertajuk café racer. Namun karena karakter motor yang sangar, motor menjadi berat. Istri protes, makanya ubah konsep lagi terutama pada kaki-kaki depan dan bodi yang dibikin lebih ringan,” ucap Nuel panggilan akrab Imanuel Prakoso.

Monggo diintip perubahan kedua Yamaha RD 350 jadi cafe racer.

KAKI-KAKI BELAKANG

Untuk bagian ini, Nuel konsen pada penggunaan ban lebar dan besar. “Untuk masuk ukuran pelek yang punya lebar 4,5 inci dan ban berukuran 180/80-14, swing arm bawaan dipotong lalu ditambah daging kembali supaya lebih lebar.

KAKI-KAKI DEPAN

Supaya manuver lincah meski menggunakan ban yang lebar, Nuel menggunakan sok depan kepunyaan Suzuki GSX 250. “Awalnya menggunakan sok model upside down, namun iseng diganti pakai teleskopiknya GSX 250. Ternyata handling jadi lebih ringan, lincah dan bagian depan jadi lebih tinggi juga. Untuk penyesuaiannya pun hanya komstirnya saja yang dibubut,” jelas pria yang punya workshop di Jl. Raya Dalung Kaja, No. 82, Kuta Utara, Bali.

BODI & RANGKA

Khusus untuk rangka, tidak ada ubahan yang ekstrim. Hanya saja, setelah bagian sub frame sampai buntut belakang dipotong. Sedangkan bodi belakang dan tangki dikustom ulang menggunakan plat besi setebal 2 mm. (www.motorplus-online.com)

Data Modifikasi :

Ban depan     : Shinko SR428 130/80-18

Ban belakang  : Shinko SR428 180/80-18

Pelek depan   : TK 3,50 X 18

Pelek belakang : TK 4,50 X 14

Slang rem : TDR

Treasure Custom Garage  : 0821-4454-2057

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular