Modifikasi Simpel Yamaha Scorpio, Tapi Keren Banget Dengan Gaya Bobber

Motorplus - Jumat, 13 November 2015 | 08:57 WIB

Yamaha Scorpio Z keren garapan bengkel Protechnic ini ambil gaya Bobber sebagai andalan. Tampilan yang diusung terlihat simpel. Sesuai dengan gaya Bobber yang identik tampil simpel tanpa banyak part yang tidak diperlukan.

“Pilih gaya Bobber agar Yamaha Scorpio keliatan keren dan sangat pas dengan permintaan si pemilik motor. Selain itu, tampilan Bobber juga masih booming hingga sekarang. Bisa jadi bahan pajangan saat motor diajak jalan,” kata Ari Suprianto, builder Protechnic yang bermarkas di Jl. Pahlawan No. 80C, Rempoa, Tangerang Selatan.

Yamaha Scorpio keren bergaya Bobber ini tidak asal simpel. Tapi, keharmonisan dan detailing pada motor ikut dipikirkan dengan matang. Seperti pada rangka yang mengalami ubahan. Sang builder harus berfikir ekstra agar motor tetap nyaman saat digunakan. Tentu ini menjadi tantangan tersendiri.

“Rangka asli cuma diambil dudukan mesin saja. Rangka tambahan dibuat dari besi pipa ukuran ¾ inci. Pakai ukuran ¾ agar diameternya mirip dengan rangka asli Scorpio. Sedangkan untuk bagian swing arm pakai pipa ukuran 1 ¼ inci. Ukuran lebih besar untuk mengeluarkan kesan kekar pada bagian kaki-kaki belakang,” tambah Ari.

Memasukan pelek dan ban berukuran gambot ke kaki-kaki Scorpio jadi tantangan. Wajib ada penyesuaian besar agar kaki-kaki baru bisa masuk. Seperti segitiga, dibuat ulang dengan bahan besi. Lebar dudukan sok di segitiga dibuat 5 cm lebih lebar dari standar. Dengan begitu, pelek dan roda berukuran gambot bisa masuk ke sok depan Scorpio.

Untuk mengejar kesan simpel tidak banyak bodi yang dipasangkan. Hanya part penting saja seperti tangki, tutup aki, dan juga sepatbor yang nempel di Scorpio bergaya Bobber ini. Bahan yang digunakan juga dipilih yang ringan agar tidak membebani kerja mesin.

“Tangki itu bahannya dari fiber bukan dari plat besi. Selain ringan, harga pembuatannya juga bisa lebih murah. Tutup aki juga spesial. Desainnya simpel tidak pakai baut. Pakai klip yang dijepit karet seperti motor zaman dulu,” tutup Ari. (www.motorplus-online.com)


Spesifikasi :

Sok belakang       : YSS

Pelek                  : 16 inci custom

Teromol belakang   : Kawasaki Ninja 150R

Ban                     : Shinko 400-16

Protechnic           : 0812-9687-0715

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular