Harga Helm Branded SNI Lebih Murah Dan Berkualitas

Motorplus - Rabu, 2 Desember 2015 | 05:46 WIB

Kewajiban Standarisasi Nasional Indonesia (SNI) sejatinya untuk melindungi konsumen. Sehingga, semua barang baik yang diproduksi maupun yang diimpor bisa dijamin kualitasnya melalui serangkaian pengujian lewat SNI. Bukan rahasia lagi, banyak produk impor ataupun produk dalam negeri yang beredar belum menerapkan kualitas SNI,contohnya helm impor merek papan atas. Tapi, harga helm branded SNI lebih murah dan berkualitas.

Yahh. Untuk produk impor memang banyak yang belum ber-SNI. Banyak alasannya kenapa tidak di SNI. Pengukuran SNI masih terbatas dalam komponen atau barang tertentu saja,” kata Johny Lipurnomo, bos Custom World, pedagang variasi dan spare part motor.

Karena kewajiban, maka seluruh produk baik yang abal-abal maupun yang branded kudu ber-SNI. “Termasuk helm yang branded seperti Arai, Shoei, Nolan. Mereka harus di-SNI-kan kalau mau jualan di sini,” ungkap Johny yang bermarkas di Kepala Gading, Jakarta Utara.

Meski kualitas helm Nolan, Shoei dan Arai berstandar tinggi dan digunakan untuk balap dunia tapi harus SNI. Padahal, harga helm branded SNI lebih murah dan berkualitas. “Karena harus SNI, makanya di antara penjual tersebut, helm branded yang berlogo SNI harganya lebih murah,” jelas Johny.

Agus Hermawan, pedagang helm dari Juragan Helm mengakui, logo SNI yang diembos ini mempengaruhi keinginan konsumen. “Sebab, pembeli helm seperti ini sudah ngerti barang. Mereka bisa mengecek kualitas helm dari internet. Modelnya, tahun keluaran,” jelas Agus.

Kebanyakan mereka mempertanyakan standarnya SNI. Sebab, di pasaran banyak juga helm lokal ber-SNI namun ‘penampakannya’ jauh dari kesan berkualitas. “Ini yang menyebabkan adanya anggapan helm Shoei, Arai atau Nolan menjadi down grade. Turun derajat. Sehingga dianggap murah,” ucap Agus.

Ia menyarankan kalaupun seluruh barang yang masuk harus di SNI, namun penempatan logo SNI jangan diembos. “Cukup di tali atau di dalam helm. Sama seperti logo standar internasional yang hanya terdapat di bagian dalam. Sebab, untuk mengetahui helm itu lolos standar bisa langsung dicek ke website si penyelenggara,” ungkapnya. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular