Cara Gampang Bersihkan Ruang Bakar

Motorplus - Minggu, 24 Januari 2016 | 14:30 WIB

Membersihkan ruang bakar paling efektif dengan membuka bagian head mesin agar ruang bakar terlihat. Saat sudah terbuka sobat bisa membersihkannya dengan leluasa. Tapi, ada juga cara gampang membersihkan ruang bakar. Bisa dilakukan dengan cara menyemprotkan cairan engine cleaner ke dalam ruang bakar lewat lubang busi.

Tapi, apakah cara gampang membersihkan ruang bakar itu efektif mengusir kerak di kepala piston dan kubah head? Ini yang coba MOTOR Plus buktikan pada Honda Spacy FI lansiran 2012. Skubek berkapasitas 110 cc yang dijadikan percobaan ini, belum pernah ditune up sama sekali.

Sebelum disemprotkan engine cleaner, head dibongkar terlebih dulu untuk mengetahui kondisi ruang bakar. Widiihhh.. itu yang namanya kerak terlihat sudah mengeras boo.. Kemudian head dipasang lagi dengan kondisi deposit masih menumpuk.

Selanjutnya, piston diposisikan di titik mati atas (TMA), trus engine cleaner dimasukkan ke dalam ruang bakar lewat lubang busi. Lantas didiamkan sekitar 10-15 menit. Setelah itu, mesin dihidupkan dan gas diblayer beberapa kali, sembari engine cleaner juga disemprotkan lewat throttle body.

Wooww.. dari knalpot memang terlihat keluar asap putih yang cukup pekat. Menandakan deposit di ruang bakar ikut terbakar bersama cairan cleaner itu. Cara ini coba diulangi lagi dua kali, dengan asumsi agar proses pembersihan lebih maksimal. Nah, untuk mengetahuinya, kepala silinder coba kami bongkar lagi, dibantu oleh Junaedi, mekanik D2M di Kalimalang, Jakarta Timur.

Hasilnya, hemmm.. ternyata kerak di ruang bakar dan piston masih menempel, meski terlihat agak sedikit berkurang. “Jadi, tune up mesin bersihin ruang bakar dengan cara disemprot engine cleaner doang lewat lubang busi dan mesin kemudian diblayer, tidak efektif membersihkan kerak di ruang bakar. Paling benar itu, head dibongkar dan kerak dibersihkan manual,” kata Junaedi. Namun, untuk yang keraknya belum terlalu pekat cara gampang membersihkan ruang bakar ini lumayan membantu juga. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular