Yamaha Vega Bermesin 2 Silinder

Motorplus - Kamis, 3 Maret 2016 | 20:35 WIB

Garapan apik dilakukan oleh  2 sohib ini. Keduanya Dayat dan Qdut berkolaborasi untuk mewujudkan Yamaha Vega bermesin 2 silinder. Keduanya bikin Yamaha Vega bermesin 2 silinder dengan tidak dilengkapi dengan fasilitas yang memadai.

Dua orang ini memiliki dasar keahlian yang berbeda. Dayat pemilik bengkel las Dayut Las Teretet dan Qdut pemilik bengkel motor Anugrah Jaya Motor.

Duo pembuat Yamaha Vega bermesin 2 silinder ini tinggal di kawasan Cikande, Desa, Cintanagara Kec. Jatinagara, Kab. Ciamis, Jawa Barat. Domisi Dayat dan Qdut sekitar 30 km dari pusat kota Kabupaten Ciamis. Mau tahu cara bikin Yamaha Vega bermesin 2 silinder?

Taha awal bikin Yamaha Vega bermesin 2 silinder memasang blok silinder baru yang dipasang secara vertikal. Dayat dengan alat seadanya menggunakan pahat dan gerinda untuk membolongi bagian atas crankcase. "Tanpa bubut kang saayana wae," ujar Dayat pakai bahasa Sunda Ciamis. 

Setelah bolong giliran Qdut beraksi putar otak agar setang piston dapat terpasang. Keputusannya dengan memapas kruk as 3,5 mm pakai menggunakan gerinda. Lagi-lagi tanpa bubut memapas kruk as. Setelah dapat terpasang dibuatkan dudukan untuk blok silinder dengan cara membuat dudukan untuk drat. Dayat melakukannya dengan cor aluminium dari bahan yang ada, bekas kanvas rem tromol.

Untuk isi silinder spesifikasinya disamakan dengan bawaan dan dalam kondisi standart Yamaha Vega. Pengapian dan karburator menggunakan standar. Knalpot menggunakan knalpor racing untuk menyesuaikan kapasitas mesin dua silinder. Dua knalpot disatukan dengan 1 silincer.

Setelah mesin selesai sangat tidak mungkin jika tidak mengubah rangka satu silinder yang baru tidak mentok ke frame. Kepiawaian Dayat dalam hal menekuk pipa besi diperlihatkan. Caranya dengan membentuk rangka tubular di samping kiri-kanan tulang tengah.

Setelah tersambung sementara, rangka tulang tengah dari bawah komstir dipotong. Ukurannya yang dipotong disesuaikan dengan ukuran blok silinder. Pemotongan dilakukan setelah rangka tubular terpasang untuk menjaga agar rangka tetap center. Setelah rangka terpotong rangka tubular buatan dipermanenkan. Gas blarrr..blarrr! (www.motorplus-online.com)

Bengkel Anugrah Jaya Motor : 0852-22382133

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular