Suzuki Satria F 150 Jagoan Drag Bike Kudus

Motorplus - Kamis, 24 Maret 2016 | 06:00 WIB

Suzuki Satria F150 dari tim Teboxs Pati, tim di bawah arahan Andi S. Tebox, mampu jadi paling jago di di event drag bike beberapa waktu yang lalu di Kudus, Jawa Tengah.

“Ada beberapa bagian yang kita perbarui,” beber Andi S. Tebox sang manajer. Dengan joki Mahmud Arjuna sepertinya paham betul karakter motor garapan dari UJM Jogjakarta ini yang memang spesialis pada motor Satria F150 standar.

“Untuk sepenuhnya Supriyono dari UJM Jogja yang mengerjakan,” sambung Andi yang mantan croser ini. Intip bro korekan Suzuki Satria F 150 jagoan drag bike Kudus.

Mesin. Ubahan Suzuki Satria F 150 jagoan drag bike Kudus difokuskan pada penggantian piston dan setang seher. “Piston aplikasi dari Honda CBR150R oversize standar,” beber sang mekanik. Sedangkan setang piston dari CB 125, sehingga didapatkan kapasitas mesin sebesar 154,46 cc.

Alasan dipilihnya piston CBR150R karena ring pistonnya lebih tipis dibandingkan dengan milik Satria FU. Sehingga gesekan dengan dinding silinder bisa minimal. Disamping itu jarak pen ke ring piston nomor 1 atau yang paling atas lebih pendek. Sehingga piston lebih ringan,” sambungnya.

Noken Standar Custom. Noken as Suzuki Satria F 150 jagoan drag bike Kudus masih standar jadi pilihan. Untuk mengatur buka-tutup durasi katup dibikin sama antara in dan ex. “Durasinya dibuat 265 derajat dengan buka tutup pada 26,5/58,5,” beber mekanik yang melakukan papas head setebal 0,5 mm ini.

Untuk pegas klep dipilih dari motor SE Honda CRF yang menurutnya lebih keras dengan diameter per lebih besar 0,3 mm dari staandar Satria FU.

Karbu Reamer. Di kelas ini memang karburator diwajibkan standar, mekanik hanya boleh melakukan ubahan didalam. Dilakukan reamer sehingga diameter venturi jadi 30 mm. “Juga penggantian skep jadi lebih besar,” jelasnya. Untuk skep dibikinkan sendiri dari besi yang dilapis krom dengan diameter skep 27 mm yang sebelumnya hanya 25 mm.

Pengapian. Beralih ke komponen pemercik bunga api sistem pengapian disempurnakan CDI Rextor programable Limited Edition. “Pengapian menggunakan CDI Rextor yang kita seting max advance pada 42 derajat sebelum TMA,” tutupnya kalem. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Koil          : YZ 125

Final gir     : 12/41

Rasio         : 1.(13/32), 2.(14/25), 3.(19/26), 4.(21/23), 5.(23/21), 6(24/20)

Sok belakang  : Gazi

Bengkel       : UJM 0817-548-1413

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular