Hari Ini, 20 Tahun Debut Valentino Rossi Di Balap Motor

Motorplus - Kamis, 31 Maret 2016 | 19:00 WIB

Siapa yang tidak kenal dengan Valentino Rossi? Yup, hari ini, 20 tahun debut Valentino Rossi di balap motor.  Pencapaian saat ini dimulai The Doctor pada tanggal 31 Maret 1996 di sirkuit yang sekarang sudah ditinggalkan, yaitu Shah Alam Malaysia.

Pada sirkuit tersebut Rossi memulai balapan pertamanya saat usianya masih sangat muda, yaitu 17 tahun. Saat itu ia tampil dengan rambut panjang dan potongan pageboy. Dia dianggap sebagai salah satu panji negaranya berkat kemenangannya pada kejuaraan balap motor lokal.

Aprilia memberinya motor 125 cc untuk berlaga. Di Malaysia saat itu yang tepat pada hari ini, 20 tahun debut Valentino Rossi di balap motor, ia disebut dengan 'Rossifumi' karena ia suka menyebutnya mengidolakan Norifumi Abe. Valentino Rossi melakukan startnya sebagai pembalap dengan baik dalam pelatihan meskipun tidak tahu sirkuitnya.

Ada beberapa keunikan Valentino Rossi saat itu yang cukup mengundang perhatian. Salah satunya memakai nomor khas 46 dan corak kuning pada sepeda motornya. Juga ada corak monyet pada wearpack Dainese dan helm AGV-nya. Seperti khasnya Rossi ketika balapan saat ini. Dalam balapan saat itu dia bisa masuk kelompok kedua. Dan, tentu saja, dia memenangkan duel pada saingan lap terakhir pada kelompok kedua.

Jadi pada intinya Valentino Rossi pada usia semuda itu sudah bisa fight dengan pembalap yang lebih berpengalaman. Soalnya dia berhasil finish di urutan keenam dan memiliki selisih jarak hanya 7,379 detik di belakang pemenang pada GP 125 cc saat itu. Itu hanya awal tahun di mana mencapai kemenangan pertama di Brno, dan yang akhirnya dia memperoleh sembilan kali kemenangan secara keseluruhan pada satu musim.

Dia terus belajar banyak. Sementara berikutnya, yaitu pada tahun 1997, ia berhasil memenangkan gelar juara dunia kelas 125 cc. Sejak saat itu, tepat pada hari ini, 20 tahun debut di balap motor yang sudah dicapai Valentino Rossi telah mencapai tidak kurang dari sembilan gelar juara dunia, 112 kemenangan, 211 podium, 61 pole position dan 93 lap tercepat.

Sesuatu yang dianggap oleh banyak orang sebagai pembalap terbaik dalam sejarah. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular