Upgrade Tampilan Yamaha YZF-R6 Sampai Rp 100 Juta

Motorplus - Rabu, 27 April 2016 | 06:19 WIB

Dilihat sesaat Yamaha YZF-R6 milik Andri tidak jauh berbeda dengan R6 lain yang sering kita lihat di jalan. Namun, kalau dilihat lebih teliti, Yamaha YZF-R6 sudah banyak part performa tinggi yang dipasangkan dengan sampai Rp 100 juta..

“Konsepnya memang disesuaikan tampilan motor supersport. Lebih meniru tampilan motor balap di WSBK (World Superbike). Jadi, part yang dipasangkan bukan cuma harus terlihat bagus. Tapi, punya manfaat besar juga pada motor,” ucap Benny Saputra dari One3 Motoshop yang membantu membangun motor ini.

Hayo hitung berapa biaya komponen Yamaha R6 yang biaya modifikasi Rp 100 jutar.

PELEK.  Untuk pelek Andri harus merogoh kocek hingga Rp 30 juta. Sebab, yang dipasang pelek Marchesini dengan palang model Y10. Pelek ini punya harga tinggi karena dibuat dari bahan aluminium alloy dengan teknik forging. Selain jauh lebih kuat, pelek ini juga punya bobot sangat ringan. Alhasil, tenaga mesin bisa bertambah dan konsumsi BBM bisa lebih irit.

SUSPENSI DAN REM. Untuk meningkatkan kinerja suspensi dan rem, Andri juga harus mengeluarkan kocek lebih dari Rp 30 juta. Seperti pemasangan master rem Brembo RCS dengan kaliper rem Brembo M4 di bagian depan. Ditambah satu unit stabilizer setang merek Ohlins, nempel sebagai penstabil area kemudi.

“Kalau di sistem rem belakang masih pakai bawaan motor. Cuma, monosoknya saja yang sudah diganti dengan Ohlins TTX 36 MK II. Kinerja sudah lumayan untuk diajak jalan harian atau sekedar main di sirkuit,” tambah Benny yang tokonya di BSD, Serpong, Tangerang.

MESIN DAN VARIASI. Tidak banyak part pendongkrak tenaga yang ditambahkan. Maklum, kondisi standar saja mesin YZF-R6 mampu memuntahkan tenaga hingga 122 hp. Makanya, si empunya motor hanya menambahkan piggy back Dynojet Power Commander PC5 yang dipadu dengan filter udara aftermarket. Selebihnya masih standar ting-ting.

Untuk part variasi juga tidak dipasang berlebihan. Hanya dipasangkan beberapa protektor di beberapa titik vital. Agar tidak banyak part yang bermasalah jika terjadi crash.

DATA MODIFIKASI

Knalpot        : Akrapovic Evo

Engineguard   : GP Racing

Handleguard   : Lightech

Windscreen    : MRA

Ban            : Pirelli Diablo (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular