Honda New Sonic 150R Penguasa Balap Malam Sulawesi

Motorplus - Jumat, 29 April 2016 | 05:00 WIB

Honda New Sonic R 150 Andi Farhat sukses Juara pertama kelas SNR 1 (Bebek 150 cc Tune up Seeded) di balapan malam seri perdana Kejurnas Sidrap Prix yang digelar sirkuit RMS Puncak Mario, Sidrap. Sulawesi Selatan, awal April lalu. Farhat yang tergabung di Astra Motor Sulawesi Selatan Racing Team  finish pertama di race 1 dan runner up di race 2. Bahkan sehari sebelumnya Farhat juga finish kedua dalam seri pertama kejurnas MotorPrix Region 5 yang dihelat di sirkuit yang sama.

“Karena kelas baru dan motor masih baru, sebenarnya motor ini belum maksimal. Waktu motor harus discrut panitia, kami diburu waktu memasang part-part yang sudah dibongkar saat ikut Motoprix. Beruntung kami masih bisa meraih hasil maksimal,” terang Chief Mekanik ART Sulawesi Selatan, Ade Rahmat yang menangani 8 Honda Sonic di dua event tersebut.

Silakan lihat korekan Honda New Sonic 150R penguasa balap malam Sulawesi.

SILINDER & HEAD

Piston Honda New Sonic 150R penguasa balap malam Sulawesi pakai sehet Bintang Racing Team (BRT) yng berdiameter 57,28. “Bagian head juga dipapas sedikit, sehingga kompresinya jadi 12,8 : 1 untuk minum Pertamax Plus,” terang mekanik yang per tahun ini fokus main di region 5.

Sementara klepnya pakai produk aftermarket ukuran 23,5/21 mm (in/ex). Serta durasi kemnya juga diracik ulang oleh Ade jadi 270°. “Karena ini masih riset awal maka rinciannya belum hafal. Tapi lift klepnya dipatok di angka 9,2 mm baik in maupun ex,” tambahnya.

ECU. Untuk otak pacuan Honda New Sonic 150R penguasa balap malam Sulawesi, mengandalkan keluaran Vortex. “Untuk main di Sidrap Prix kemarin seting AFR-nya tidak terlalu jelas karena cuaca yang berubah-ubah. Tapi, rata-diset di angka 12,4 : 1,” terangnya.

THROTTLE BODY & INJEKTOR. Throttle body masih andalkan bawaan pabrik. Namun diameter venturinya direamer lagi jadi ukuran 32,8 mm. “Saya sengaja tidak reamer jadi ukuran maksimal 33 mm karena justru rawan jebol,” bilang Ade.

Agar asupan bahan bakar lebih deras maka injektornya comot milik Honda CBR 250 R. Injektor milik CBR 250 R sendiri mampu menyemburkan BBM 225 cc per menitnya.

DATA MODIFIKASI

ECU                : Vortex

Piston             : BRT

Sok belakang       : Ohlins

Ban depan-belakang : FDR Sport 76 90/80-17 (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular