Penyebab Piringan Bergelombang

Motorplus - Senin, 9 Mei 2016 | 18:59 WIB

Sistem pengereman yang menjadi salah satu part vital dalam sebuah kendaraan akan sangat berbahaya kalau muncul masalah. Salah satu yang sering mengganggu, munculnya gejala bergelombang pada cakram. Tentu hal ini membuat kinerja sistem rem menjadi berkurang. Lalu, apa penyebab piringan atau cakram bergelombang?

“Penyebab cakram bergelombang paling banyak karena lupa mencopot gembok cakram. Benturan cakram dengan kaliper bisa bikin cakram bergelombang. Atau bisa juga akibat penggunaan kampas rem yang sudah habis. Ini membuat cakram menjadi tipis dan melengkung ketika panas akibat gesekan,” ucap Lukman Hakim, Kepala Mekanik Yamaha Permata Motor di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Untuk mencirikan gejala piringan yang mulai bergelombang gampang. Paling umum, tuas rem terasa turun naik ketika ditekan. Ini menandakan kalau permukaan piringan sudah tidak lagi rata. Untuk mengatasi masalah ini cuma satu jalannya. Sobat harus ganti piringan atau cakram yang bergelombang dengan cakram baru. Harganya sekitar Rp 120 ribuan untuk motor matik dan berbeda untuk tipe dan merek motor lainnya. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular