Kapan Jadwal Mengganti Minyak Rem

Motorplus - Selasa, 10 Mei 2016 | 05:18 WIB

Mengecek kondisi minyak rem itu perlu. Di sistem rem hidrolik, minyak rem punya peran penting. Kalau sampai kurang apalagi kosong, rem bisa tidak berfungsi. Begitupun kalau sampai tercampur dengan air. Sistem pengereman bisa dipastikan bermasalah. Lalu pertanyaan muncul, kapan seharusnya mengecek atau mengganti minyak rem? Apakah tunggu sampai rem blong?

“Tenang saja karena minyak rem enggak mungkin habis sendiri. Kalaupun habis, biasanya karena mekanik membuang angin palsu di dalam sistem hidrolik. Dari situ minyak akan keluar. Kalau enggak dicek dan diisi ulang ya bisa habis," ungkap Michael Taco Tulalessy, Kepala Bagian Service Honda Lebak Bulus Motor. 

Lalu kapan saat tepat untuk mengganti minyak rem. Apakah jika debitnya berkurang sebaiknya dikuras atau cukup ditambahkan? "Selama tidak tercemar air cukup tambahkan minyak saja. Kalau kotor atau terkena air baru kuras agar kerjanya bisa lebih optimal. Namun, ada baiknya juga minyak rem ikut diganti setelah penggunaan jangka waktu yang lama. Untuk jaga-jaga jika ada kotoran yang sudah mencemari minyak rem,” tambah Michael. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular