Beda Motor Massal Dengan Moto2 Versi Dimas Ekky

Motorplus - Jumat, 24 Juni 2016 | 20:00 WIB

Penasaran bagaimana rasanya naik motor yang dibangun khusus untuk balap seperti tunggangan pembalap Moto3, Moto2 atau MotoGP? Yuk kita tanya ke Dimas Ekky yang tahun ini nunggang Moto2 dengan rangka Kalex di FIM CEV kelas Moto2. Motor yang dipakai Dimas di CEV speknya sudah sangat dekat loh dengan yang dipakai pembalap Moto2 Grand Prix seperti Sam Lowes, Alex Rins ataupun Johann Zarco!

"Beda motor masal dengan Moto2 yang paling pertama sudah pasti bobot. Motor Moto2 enteng banget! Bobotnya bisa beda 20 kg dibanding Honda CBR600 yang sering saya pakai balap. Kalau nyaman, lebih nyaman CBR600. Maklum itu motor massal yang bisa dipakai harian. Kalau motor Moto2 speknya racing abis yang setangnya di bawah bikin badan nunduk klo naikin," ucap Dimas yang mengalami high side di seri FIM CEV yang berlangsung di sirkuit Catalunya, Spanyol beberapa waktu lalu.

Uniknya nih, menurut pembalap asli Depok, Jawa Barat CBR 600 justru lebih gampang diseting buat balap. "Kalau seting CBR 600 sedikit gampang. Rangka dan suspensi diseting sedikit motor bisa jauh lebih enak. Kalau Moto2 beda, setingnya lebih rumit harus menghitung geometri dan lain-lain. Improve sedikit saja juga susah," tambah pembalap Astra Honda Racing Team.

Meski begitu, Dimas mengakui kalau motor Moto2 lebih enak diajak nikung. Rangkanya lebih rigid yang bikin motor lebih stabil ketika menikung. "Motor Moto2 memang diset supaya bisa lebih cepat di tikungan. Motor ini juga lebih enak buat diajak slide. Di CBR 600 sebenarnya bisa slide juga. Tapi, catatan waktu malah melorot enggak seperti Moto2 yang bisa lebih cepat ketika slide," tutup Dimas. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus

Video Pilihan


YANG LAINNYA

TERPOPULER +

Tag Popular