Yamaha Mio Drag Bike 200 cc Tune up Ramajaya DS7 Raka Osato

Motorplus - Sabtu, 2 Juli 2016 | 08:09 WIB

Adalah tim Ramajaya DS7 Raka Osato yang mengandalkan Ricko Bochel, joki andalan untuk bertarung di kelas matic 200 cc Tune up, guna mengungguli lawan-lawannya Yong Mustofa didaulat Dilla pemilik Yamaha Mio untuk memecahkan best time di kelas matic. Kunci korekan Yamaha Mio 200 cc drag bike pakai klep ringan.

“Klep isap dan buang pakai produk Thailand dengan ukuran 34 mm dan 30 mm, diameter batangnya lebih ringan untuk mengejar putaran atas supaya terus mempunyai tenaga,” jelas Yong, pemilik Yong Motor di kawasan Kemayoran Jakarta.

Selain itu durasi isapan dan buang sisa pembakaran sengaja diatur ulang lewat durasi kem isap membuka 60 derajat sebelum TMA (Titik Mati Atas) dan menutup 38 derajat setelah TMB (Titik Mati Bawah). Sedangkan klep buangnya membuka 56 derajat sebelum TMB dan menutup 38 derajat setelah TMA.

Kompresi

Berbeda dengan motor matic kebanyakan tim Ramajaya DS7 Raka Osato ini justru bermain di low kompresi untuk mengejar ketahanan motor di kapasitas mesin 198 cc.

Kopresinya sengaja dibikin 14,2:1 yang powernya bakal terasa di kitiran mesin 6000 RPM yang ditujukan untuk lebih mudah menguasai saat awal start.

Roller

Supaya putaran roller semakin cepat, mekanik asal Jakarta ini mengganti roller dengan kombinasi ukuran 8 gram dan 9 gram. “Tujuannya supaya lebih ringan, dengan begitu traksi ke roda belakang bakal lebih cepat, selain itu didukung kampas berlabel LHK makin pas,” terang pria yang merahasiakan kode rollernya.

Magnet

Di bagian magnet tidak sampai mengganti, Yong masih mempercayakan bawaan pabrik untuk menemani ubahan di kelas 200 cc, supaya masih bisa bersaing dengan lawan nya yang biasa menggunakan magnet Yamaha YZ, mekanik asal Jakarta ini cukup main bubut saja.

“Magnet bawaan pabrik hanya dimodifikasi sesuai kebutuhan,  sengaja mengejar putaran semakin ringan toh hasilnya juga sama-sama ringan dengan magnet yang sudah diganti,” imbuhnya lagi.

Data Modifikasi

Ban dpn : IRC, 50/90

Ban blkg : IRC, 60/80

CDI : Rextor Pro Drag

Knalpot : V-1

Karburator : PE31, main jet 135 dan pilot jet 50

Magnet : Modifikasi (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular