Cara Korek Lubang Bilas 2-Tak

Motorplus - Kamis, 4 Agustus 2016 | 20:30 WIB

Di blok silinder 2-tak, ada lubang bilas. Lubang bilas berhadapan dengan lubang buang. Fungsi lubang bilas menyalurkan gas baru untuk mendorong gas bekas supaya keluar lewat exhaust. Cara yang benar korek lubang bilas, tinggi lubang bilas tidak boleh disamakan dengan lubang transfer. Lubang bilas harus lebih di atas atau dekat bibir atas permukaan liner. Supaya lebih dulu membuka dan membilas gas bekas.

“Untuk itu mesti diatur agar lubang bilas lebih awal membuka 1 derajat,” jelas Andreas Tear Tjahjana, mekanik balap tahun 1990-an yang mengorek Yamaha F1Z-R milik Yong Jaya Motor.

Demikian juga arah lubang bilas berbeda dengan lubang transfer. Lubang bilas harus diatur menghadap titik tengah kepala piston. Atau jika busi berada di tengah kepala silinder, arah lubang bilas menghadap busi (gbr. 2). Kondisi lubang buang seperti ini, menghasilkan rpm mesin yang tinggi. Tetapi, tenaga di putaran menengah biasa.

Andreas juga memberi pilihan lain. Jika mengejar tenaga di putaran tengah, lubang bilas dibuat lebih cepat membuka 4-5 derajat dari transfer. Sudut lubang bilas dibuat menghadap ke bibir liner atas seberang (gbr. 3). Karakternya mesin memiliki tenaga yang kuat di kitiran tengah. Meski di putaran atas kurang bertenaga. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular