Awas Baut Pembuangan Slek Dan Akibatkan Oli Berkurang

Motorplus - Sabtu, 6 Agustus 2016 | 07:34 WIB

Satu hal mesti diperhatikan ketika ganti oli yakni mekanik tidak langsung membuka baut di pembuangan oli dalam keadaan mesin masih sangat panas. Pasalnya, apabila dibuka saat mesin panas kemungkinan besar bisa akibatkan slek di bagian baut tersebut dan menyebabkan oli berkurang.

"Nantinya akan terdapat rembesan oli di kala motor sedang di parkir atau sesampainya di rumah. Kalo dibiarkan terlalu lama, bisa akibatkan kapasitas olinya berkurang, " jelas Alfik Khaeroni, dari bengkel Duta Motor Cirebon.

Baut pembuangan oli di tiap motor, biasanya suka berbeda ukurannya. Ada yang ring luarnya 14 dan juga 17. Saat membuka baut tersebut, paling kentara dengan posisi membuka ke kiri. Perlu hati-hati, jangan terlalu dipaksakan. Setelah dibuka bersihkan terlebih dulu baut tersebut dari kotoran. Kemudian segera pasang kembali bautnya, dan setelah itu isi oli motor.

Apabila kondisi drat baut pembuangan oli masih bagus, bisa langsung di pasangkan kembali. Namun jika sudah terdapat adanya slek yang masih sedikit, dapat diakali dengan menambahkan selotip putih yang biasa dipakai sambungan pipa air. Nah, sedikit tips singkat dan ringan ini semoga dapat membantu sobat bikers saat mengganti oli khususnya dengan membuka dan menutup baut oli. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular