Bikin Mesin Yamaha NMAX Dingin Saat Macet (Bagian 2 Habis)

Motorplus - Selasa, 30 Agustus 2016 | 17:01 WIB

Sebelumnya sudah dijelaskan kalau thermostat di Yamaha NMAX terganggu suhu mesin bisa meningkat. Ada cara untuk membuat mesin Yamaha NMAX dingin saat melibas jalan macet. Khususnya, dengan mengakali part di bagian radiator yang terganggu seperti thermostat.

Untuk mengakalinya, Wibi menggunakan cara bypass langsung saluran air radiator. “Jalur slang dari water pump di head silinder sebelah kiri, langsung diarahkan ke bagian bawah radiator, tidak melewati thermostat. Sedangkan jalur yang seharusnya dilewati dari water pump ke thermostat, dibikin memutari thermostat-nya saja,” jelas Wibi yang ngebengkel di Jl. M. Hasibuan, No. 60, Bekasi, Jawa Barat.

Kelebihan dengan cara by pass air radiator ini, membuat temperatur mesin lebih dingin ketika terkena macet-macetan. Namun kekurangannya, mesin cenderung selalu dingin, sehingga lama mencapai suhu optimal kerja mesin. Sehingga bisa berakibat boros bahan bakar dan kurang bertenaga.

Namun, cara ini cukup ampuh saat kepepet, misal terjadi problem di jalan atau saat sobat tidak punya uang untuk membeli thermostat baru. Karena thermostat NMAX lumayan menguras kantong, dibanderol Rp 380 ribu. Yang penting, bisa bikin mesin Yamaha NMAX dingin kembali ketika jalan macet! (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular