Hati-Hati Ganti Handle Kopling After Market

Motorplus - Minggu, 28 Agustus 2016 | 11:00 WIB

Pemilik motor sport sebaiknya berhati-hati jika akan mengganti handle kopling. Pasalnya handel kopling asli bawaan motor diganti dengan handle kopling aftermarket bisa berakibat fatal. Ada beberapa rambu jika ingin tetap mau pakai handle kopling yang aftermarket supaya terhindar dari kampas kopling gampang selip dan cepat aus.

Dari sisi lubang kabel kopling sebaiknya perlu dicek antara lain jarak dan besarnya lubang, selain itu lubang baut juga wajib diperhatikan. Justru ini kedua lubang ini yang terlihat sepele oleh pemilik motor maupun mekanik.

"Pada intinya lihat dimensi handle tuas kopling, jangan hanya melihat modelnya saja tapi sebaiknya mulailah memikirkan kegunaan supaya bisa awet pemakaiannya," beber Ilham Wahyudi Service General Manager PT STSJ.

Wajar sih, produk variasi memang menyediakan banyak pilihan. Selain itu harganya juga lebih terjangkau, tidak sedikit juga yang mengabaikan harga dan model. Tapi sebaiknya konsumen juga mengecek dimensi, ukuran sampai ketebalan handle kopling. Jangan sampai handle variasi justru menyiksa pengendara.

"Ada jarak normal tuas kopling, sekitar 5 mm adalah jarak free play dari handle ke tuas kopling. Kalau mengabaikan biasanya kopling lebih mudah selip dan cepat aus," tambah Ilham lagi.(www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular