Awas Karet Footrest Bikin Capek

Motorplus - Senin, 5 September 2016 | 12:12 WIB

Banyak pengendara motor yang mengabaikan hal kecil pada motor, contoh nyatanya sih bisa dilihat dari footrest pengendara maupun boncenger tuh. Masih banyak yang mengabaikan karet footrest yang sudah tipis, malah masih ada juga yang sampai karetnya sudah tidak ada tinggal besi saja. Awas kondisi karet footrest seperti ini bikin gampang capek.

Karet footrest juga bisa mempengaruhi keseimbangan pegendara maupun boncenger tuh. “Memang sepele, tapi secara tidak sadar pengendara bakal terasa capek di bagian kaki karena pijakan hanya besi saja atau karetnya sudah rusak,” bilang Dimas Putra Satria Kelana Instruktur Safety Riding PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM).

Sama halnya dengan footrest boncenger tuh, ada juga posisi footrest yang miring tidak lagi lurus yang akibatnya sama saja bakal terasa capek di bagian kaki dan membuat konsentrasi berkurang terlebih pada pengendara.

“Bagian kaki terasa capek, pegal membuat konsentrasi berkurang. Efeknya bisa terjadi kecelakaan jika fokus pengendara sudah berkurang tuh,” wanti Dimas yang bakal mewakili Indonesia ke Jepang mengikuti lomba safety riding.

Padahal, jika dilihat dari segi harga footrest maupun karet tidak terlalu mahal loh. Paling tidak ada di kisaran sekitar Rp 22 ribuan untuk karet dan footrest boncenger, tapi ada baiknya jika akan membeli produk variasi. “Perhatikan kualitas, bahan, dimensi dan daya cengkram footrest pada kaki. Paling aman ya beli yang original sih,” tambah pria berkacamata ini.

Jadi mau pilih keselamatan atau Rp 22 ribu? (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular