Sudut Rake Pengaruhi Handling Motor

Motorplus - Rabu, 14 September 2016 | 17:18 WIB

Banyak yang main balap dan modif custom. Banyak pula yang kepingin tahu sudut rake atau sudut kemiringan komstir. Sebab sudut rake mempengaruhi handling motor.

Makin besar sudut rake, enak dipakai di jalan lurus. Namun kurang lincah dipakai manuver di tikungan. Makanya mekanik road race kadang-kadang mengotak-atik sudut rake agar enak dipakai di tikungan trek dadakan.

Bagaimana mengukur sudut rake? Mari buka buku Motorcycle Design & Technology karangan Gaetano Cocco yang dicetak di Amerika. Disana bisa dilihat. Agar mudah, gunakan benang yang dikasih bandul dan gantung di plafon atau langit-langit. Posisi garis lurus benang sejajarkan as roda depan. Lalu tinggal gunakan busur besar untuk mengukur sudut dari benang sampai kemiringan sok depan. Gampang kan? (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular