Kasus Kopi Sianida Jessica Bikin Susah Mekanik

Motorplus - Kamis, 15 September 2016 | 20:05 WIB

Pasti tahu Jessica Kumala Wongso yang jadi tersangka pembuhunan Wayan Mirna Salihin menggunakan kopi yang dicampur sianida. Walau belum terbukti dan kasusnya masih di pengadilan namun berpengaruh pada dunia racing. Terutama dunia racing motor pada khususnya. Sebab, kasus Jessica bikin susah mekanik. 

Di dunia racing banyak sekali menggunakan klep racing yang dipotong. Batang klep kemudian dikeraskan lagi agar tidak mudah jeber dipukul rocker arm atau pelatuk klep. “Untuk mengeraskannya menggunakan bubuk RBM (Racun Besih Merah) dan RBK (Racun Besi Kuning),” jelas Chandra Sopandi yang bukan dokter tapi bos bengkel bubut Master Tjendana Bandung.

Menurut dokter, eh Chandra Sopandi, kini melacak RBK dan RBM untuk mengeraskan batang klep jadi susah. Bisa dibilang kasus Jessica bikin susah mekanik. “Khususnya di toko kimia daerah Bandung. Katanya RBK dan RBM mengandung sianida. Rupanya toko kimia tidak mau menanggung resiko dijadikan saksi kasus Jessica,” jelas Chandra yang lebih pantas jadi dokter dibanding tukang bubut.

Beberapa hari ke belakang, Chandra melacak RBK dan RBM pesanan dari temannya. “Susah sekali mencarinya. Bahkan belum dapat,” ucap Chandra yang berkaca mata seperti dokter.

Ini bisa dijadikan pelajaran bagi para mekanik dan bengkel bubut. Sehabis pegang bubuk RBK dan RBM sebaiknya cuci tangan yang bersih. Jangan sampai sianida atau Natrium Sianida (NaCN) tertelan bersama makanan.

Bahan kimia ini berakibat fatal bila terhirup atau tertelan. Sianida menyerang semua jaringan sehingga tidak terjadi pertukaran oksigen atau disebut mengalami hipoksia yakni kekurangan oksigen dalam jaringan.

Dilansir Kompas.com, Spesialis Jantung RS Bunda, Dr. Dicky Armein Hanafy mengatakan. "Sianida merupakan racun paling mematikan yang merusak sistem saraf sentral dan sistem saraf otot.". Sianida banyak digunakan sebagai insektisida dan mitisida, atau untuk fumigasi dan digunakan untuk mengekstraksi emas dan perak di pertambangan.

Bahan kimia ini juga mudah untuk terhirup. Ketika dilarutkan atau dibakar, ia melepaskan zat yang sangat beracun, yakni hidrogen gas sianida. Menurut National Geografi Indonesia, menelan dalam dosis tinggi Natrium Sianida dapat mengakibatkan kehilangan kesadaran secara tiba-tiba, disertai kejang dan kematian, umumnya dalam waktu 1-15 menit.

Sekarang tahu deh mengapa kasus Jessica bikin susah mekanik. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular