WSBK Jerman, Hujan Bawa Suasana Balap Mencekam

Motorplus - Minggu, 18 September 2016 | 20:08 WIB

Jelang lima menit race 2 World Superbike Championship (WSBK) di sirkuit Lausitzring, Jerman (18/9), Race Director memutuskan untuk menunda start karena sirkuit basah disiram hujan. Trek yang basah dan suhu udara 14 derajat Celcius bikin tim harus seting ulang. Setingan trek kering untuk motor rider WSBK diganti dengan ban hujan.

Suhu aspal sirkuit WSBK Jerman menjadi 21 derajat Celcius. Hal ini tak hanya menyebabkan seting ban saja yang berganti, tetapi set-up suspensi dan ECU juga menyesuaikan. Akibatnya, tak sedikit dari pembalap dan tim yang melakukan pergantian seting tersebut di grid start. Termasuk Chaz Davies, rider Ducati yang menempati pole position dan juara di race 1 kemarin (17/9).

Suasana menjadi serba panik lagi setelah para rider melakukan lap pemanasan. Itu karena hujan pun tak kunjung reda. Akibatnya, hampir seluruh pembalap melakukan seting ulang kembali pacuannya di grid. Baik itu seting ban dan juga suspensi. Tak hanya Davies, tapi juga Tom Sykes (Kawasaki) dan Nicky Hayden (Honda). Menjadi seru, setelah race 1 kemarin, selisih poin antara Jonathan Rea (Kawasaki) dengan rekan setimnya, Sykes, juga hanya 26 poin di klasemen sementara. Itu akibat Rea tak finish di race 1 lantaran terjatuh karena salah masuk gigi ke gigi I di tikungan 10 sirkuit.

Lagi, setelah dilepas untuk sighting lap dan pembalap kembali ke grid, race director pun kembali menunda start dengan alasan safety. Pasalnya, hujan tak kunjung reda. Setelah kembali ke paddock masing-masing, para rider pun dikumpulkan untuk dimintai pendapatnya soal kelanjutan race terkait safety.

Akhirnya setelah 40 menit tertunda, race pun kembali digelar dengan suhu udara 12 derajat Celcius dan 19 derajat Celcius untuk suhu lintasan. Sykes yang start dari posisi 2 pun langsung menempati posisi pertama di lap awal dan diikuti ketat Rea ditempat kedua. Sayangnya, jelang lap kedua, Sykes pun terjatuh di tikungan 10. Padahal, saat itu dirinya cukup membuat gap dengan Rea.

Tentunya, hal ini menguntungkan Rea yang tengah mempertahankan gelar Juara Dunia WSBK. Dengan terjatuhnya Sykes, poin keduanya pun kembali melebar. Setelah Sykes, trek yang basah juga membuat Davide Giugliano terjatuh di 13 lap jelang finish. Saat itu, pembalap Ducati ini tengah mengejar posisi pertama dari Rea. Sementara, Davies yang start dari pole position tercecer di posisi 7.

Dengan Sykes yang finish di posisi 12, juga Davies yang berada di posisi 6, Rea yang seolah menemukan seting tepat untuk trek basah ini pun hanya bermain aman. Sehingga, poin di klasemen masih tak terkejar pesaingnya. Apalagi jarak dengan Alex de Angelis yang finish di posisi 2 juga terpaut 14 detik darinya. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular