Pasang Air Scoop Lebih Dingin 5 Derajat

Motorplus - Senin, 10 Oktober 2016 | 17:15 WIB

Di motor balap model sport, lagi tren penggunaan air scoop. Itu loh, corong udara di fairing yang mengalirkan udara langsung ke bagian throttle body atau karburator. Ternyata, pasang air scoop bisa lebih dingin 5 derajat. Apanya tuh yang dingin? 

"Pasang air scoop bisa lebih dingin 5 derajat. Ini suhu air intake yang lebih dingin bukan suhu mesinnya. Tapi, otomatis suhu mesin akan ikut lebih dingin juga. Kebetulan yang kita ukur suhu di air intake saat dyno tes. Menggunakan air scoop suhu air intake kisaran 36 derajat. Kalau tanpa air scoop hanya menggunakan velocity biasanya lebih dari 41 derajat," ucap Dirjo, mekanik tim AR-1 Racing.

Menurut Dirjo, kalau pakai air scoop udara yang masuk ke ruang bakar udara dingin. Otomatis suhu mesin bisa ikut dingin. Sedangkan kalau pakai velocity biasa, kemungkinan uap panas mesin tersedot lagi ke ruang bakar cukup besar. Makanya, suhu mesin juga jadi lebih panas.

"Suhu mesin enggak boleh terlalu dingin juga. Nanti malah enggak keluar tenaga mesinnya. Kalau pakai air scoop ini biar bisa meninggikan timing pengapian dan rasio kompresi lagi. Jadi, tenaga mesin bisa lebih oke," tambah Dirjo yang bilang pasang air scoop lebih dingin 5 derajat. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus

Video Pilihan


YANG LAINNYA

Tag Popular