Diameter Pipa Knalpot Dari 20 mm Sampai 60 mm (Bagian 1)

Motorplus - Jumat, 14 Oktober 2016 | 16:30 WIB

Pemilihan diameter pipa knalpot atau header, sangat menentukan kesuksesan dalam menyeting motor balap maupun harian. Bila diameter pipa yang dipakai kekecilan atau kegedean, dijamin bakal bikin performa mesin bubar jalan alias tidak maksimal.

Nah, ada beberapa pilihan ukuran pipa knalpot yang beredar di Indonesia. Namun umumnya yang diameternya berangka genap. Itu terukur pada diameter bagian dalam pipa. Ukuran yang ada saat ini mulai dari diameter 20 mm hingga 60 mm.

Tapi, kini beberapa produsen knalpot ada yang sudah memiliki pipa berdiameter ganjil, bahkan super ganjil. “Pada knalpot Kawahara, rata-rata headernya menggunakan diameter pipa mulai dari 25 mm. Ukuran itu, biasanya dipakai pada knalpot-knalpot racing untuk Honda BeAT. Paling besar, ada pipa berukuran 60 mm,” bilang Sony, Manager Kawahara Racing. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular