Hindari Beban Berat Di Kunci

Motorplus - Rabu, 21 Desember 2016 | 12:01 WIB

Jangan sepelekan gantungan kunci, beberapa pengendara memberi gantungan kunci motor supaya lebih mudah dicari atau dibawa. Tapi masih banyak juga bikers yang mengkesampingkan akibat gantungan kunci jika sampai berlebihan. Sobat harus hindari beban berat di kunci.

Banyak gantungan kunci yang sudah mulai tidak wajar dipakai kalangan bikers mulai dari gantungan kunci model boneka, berbahan kapuk sampai logam berat. Justru ada juga yang memberi gantungan kunci dengan kunci-kunci lain semisal kunci rumah, loker, lemari dan sebagainya yang ternyata justru merusak kunci.

Kunci memang sangat sepele, tapi jika salah penggunaan ya rumah kunci bakal rusak dan berujung kunci mudah lepas meski posisi kunci dalam keadaan on. Logika nya sangat mudah, gantungan kunci yang berlebihan bakal mendorong kunci ke arah bawah, dan itu bakal merusak rumah kunci secara perlahan.

“Sebaiknya gantungan kunci tidak terlalu berat, supaya rumah kunci tidak rusak. Kalau masih rusak ringan masih bisa diperbaiki dengan mengganti beberapa bagian dalam. Tapi, jika rusak parah ya musti ganti total rumah beserta kuncinya,” terang Achmad Samsul tukang reparasi kunci yang ada di kawasan depan kampus UPN Surabaya.

Bukan hanya gantungan kunci saja yang menjadikan kunci rusak, beberapa perilaku biker dengan membawa tas ada juga yang menggantungkan pegangan tas pada kunci setelah berbelanja. Dan itu juga bisa menjadi penyebab rusaknya rumah kunci.

Kalau sampai rumah kunci rusak ujungnya kunci mudah lepas meski dalam posisi on, endingnya sampean bakal kehilangan kunci ketika pas di jalan tuh. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular