Sejarah Singkat Karir Maverick Vinales Di MotoGP

Motorplus - Jumat, 20 Januari 2017 | 09:46 WIB

Sebelum kedatangannya ke Jakarta pada 22-23 Januari nanti tentu tak ada salahnya kita gali lebih dalam karir sang rising star Maverick Vinales di MotoGP. Maverick Vinales jadi pembalap yang meloncat dari Moto3 ke MotoGP seperti Jack Miller.

Maverick Vinales lahir di Figueres, Spanyol pada 12 Januari 1995. Ia sudah memulai karir balapnya pada usia 3 tahun di ajang Minimoto. Ia sempat turun di ajang motocross sebelum turun penuh di balapan sirkuit sejak usia tujuh tahun.

Setelah memenangkan berbagai event nasional Vinales akhirnya masuk ke ajang 125 cc World Championship pada 2011, bergabung dengan tim milik aktris Paris Hilton.  Di musim perdananya Vinales sudah mencuri perhatian dengan meraih empat kemenangan dan menyelesaikan musim di posisi ketiga.

Vinales berhasil gelar juara dunianya pada 2013 setelah bertarung ketat dengan Alex Rins dan mendiang Luis Salom. Ia naik kelas ke ajang Moto2 setahun setelahnya dan berhasil finish di urutan ketiga di musim perdananya di ajang Moto2.

Banyak yang menyangka Vinales akan bertahan semusim lagi di Moto2, tapi secara mengejutkan ia memutuskan bergabung dengan Suzuki yang melakukan comeback pada tahun 2015. Ia mengakhiri musim di posisi 12 dengan posisi finish terbaik di posisi enam.

Musim 2016 menjadi musim terbaik rider bernomor 25 tersebut di ajang MotoGP. Ia meraih podium perdananya di Sirkuit Le Mans dengan finish di urutan ketiga. Ia juga berhasil menjadi rider Suzuki pertama yang meraih kemenangan setelah Chris Vermeulen di tahun 2007 usai menjadi kampiun di seri Inggris.

Musim 2016 Vinales ditunjuk sebagai rider Yamaha menggantikan Jorge Lorenzo yang membelot ke Ducati. Mampukah Vinales menjadi kampiun MotoGP musim ini? Kita tunggu saja. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular