Berapa Lama Oli Kadaluarsa?

Motorplus - Rabu, 8 Februari 2017 | 18:13 WIB

Pernah lihat tanggal kadaluarsa oli di dalam kemasan botol plastiknya? Pasti gak akan ada kan sob, emang makanan... hehehe.. Lalu berapa lama oli akan kadaluarsa?  Tapi, apa oli memang bisa kadaluarsa seperti makanan atau minuman cair?

Di botol kemasan oli memang tidak ada label kadaluarsa. Tetapi kode produksi bisa dilihat di bawah botol berbentuk lingkaran yang bertuliskan angka. Contoh pada foto yakni oli 5/16, ini berarti oli di produksi di bulan May (5) dan di tahun 2016 (16).

Tapi banyak pertanyaan berapa lama oli bisa bertahan di kemasannya? Saat di konfirmasi, Malik Rantaman pada postingannya di group Long Drain Interval Community pun memberi info bahwa oli dengan base PAO (Poly Alpha Olefin) dapat bertahan hingga 25 tahun, base mineral 5 tahun, semisyntetic 10 tahun, full syntetic bisa bertahan hingga 15 tahun.

Tapi patokan diatas harus diikuti oleh tempat penyimpanan yang benar. Oli tidak boleh berada langsung di lantai, tidak boleh terpapar matahari langsung dan suhu udara pun tidak boleh extrem. "Ya lebih bagus si gunakan oli yang fresh," tambah Malik dalam komentarnya. Buat perhatian ya sob! (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular