Mulai Hari Ini Bayar Parkir Akan Lebih Mahal

Motorplus - Senin, 20 Maret 2017 | 05:10 WIB

Untuk sobat yang tinggal di Surabaya, Jawa Timur jangan sampai kaget kalau mulai hari ini (20/3) bayar parkir akan lebih mahal.

Guna mengalihkan tinggi tingkat potensi parkir di jalan tertentu ke jalan yang memiliki tingkat kepadatan lebih rendah akan diberlakukan parkir zona di Surabaya, Jawa Timur.

Dikutip suarasurabaya.net, penerapan parkir zona tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) kota Surabaya dan sudah mencantumkan beberapa lokasi yang sudah ada tarif tertentu.

"Sesuai Perda nomor 1 Tahun 2009 tentang penyelenggaraan peparkiran dan retribusi parkir, definisi parkir zona adalah suatu bentuk pelayanan jasa parkir dengan tarif parkir tersendiri untuk setiap zona atau kawasan tertentu. Sudah ada tarif tertentu untuk kawasan yang telah ditentukan," bilang Tranggono Wahyu Wibowo Kepala UPTF Parkir Tepi Jalan Umum Dinas Perhubungan Surabaya.

Adapun beberapa tarif yang sudah ditentukan meliputi tarif parkir bus dan sejenisnya Rp 10 ribu dari biasanya Rp 6 ribu, truk mini dan sejenisnya Rp 7.500 dari biasanya Rp 5 ribu. Mobil sedan dan sejenisnya Rp 5 ribu dari biasanya Rp 3 ribu, lalu sepeda motor Rp 2 ribu dari biasanya Rp 1.000.

"Sudah dilakukan sosialisasi tanggal 10 Maret kemarin, untuk penerapan kawasan parkir ini sejak tanggal ditetapkan SK Kadishub tentang penerapan kawasan parkir zona di Surabaya," tambahnya yang mengatakan sepeda kayuh bakal ditarif Rp 1.000.

Ini merupakan langkah sekaligus edukasi bagi masyarakat Surabaya, agar lebih peduli bahwa tingginya pengguna jasa parkir di suatu kawasan dapat mengganggu kelancaran lalu lintas.(www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular