Ganti Knalpot Sempurnakan Performa All New Honda Sonic 150R

Panji - Jumat, 28 April 2017 | 05:14 WIB

Upgrade Performa All New Honda Sonic 150R

Kali ini, kita coba bandingan All New Honda Sonic 150R, menggunakan knalpot racing tanpa aplikasi piggyback dan dengan piggyback.

Mula-mula, Sonic 150R disematkan knalpot Kawahara tipe GT-Pro berbahan stainless steel yang dibanderol Rp 1,2 juta.

Dari standarnya, power naik jadi 15,8 hp/9.100 rpm dan torsinya 13,5 Nm/6.490 rpm.

Kebetulan, Kawahara juga baru bikin piggyback.

(BACA JUGA : Test Piggy Back Power Lab, Grafiknya Naik Signifikan Sejak Awal)

“Khusus untuk All New Honda Sonic 150R, tinggal plug and play. Bisa juga dipakai di Yamaha NMAX dan motor lain, hanya saja harus modifikasi posisi kabel. Harganya, kita bandrol di angka Rp 1,1 juta saja,” tukas Jessy Lingga Siswanto alias Coq, Founder Kawahara Racing.

Upgrade Performa All New Honda Sonic 150R

Dari piggyback Kawahara, ada tiga kabel yang wajib diinstalasi ke motor.

“Di tiap kabel sudah kita tandai. Yaitu pick-up coil, ignition coil dan injector,” papar Coq, yang doyan jarambah pakai Special Engine (SE).

Fitur piggyback ini, bisa mengatur maju-mundur timing pengapian (-20 derajat, 0 derajat, +20 derajat), perbandingan bahan bakar (-50%, 0%, +50) dan limiter RPM dipatok hingga 25.000 rpm.

“Untuk mengatur kedua fitur ini, terdapat dua klik di body piggyback. Tinggal putar sesuai setingan yang sobat mau. Lebih mudah, dilengkapi lamp sensor untuk memberi tahu kalau setingan basah/rich (lampu akan merah) dan kering/lean (lampu akan biru,” paparnya saat ditemui di markas Kawahara Racing Development di Meruya, Jakarta Barat.

Upgrade Performa All New Honda Sonic 150R

Nah.. setelah dipasang di Sonic 150R yang sudah pakai knalpot Kawahara, sekarang kita dyno menggunakan dynotest SuperFlow.

Ini baru plug and play, belum dimaksimalkan dengan setingan bro. Hasilnya, terbaca power jadi 16,7 hp/9.400 rpm dan torsi 14,2 Nm/6.490 rpm.

Itu artinya, power naik 0,9 hp dan torsi naik 0,7 Nm.

JP Racing
Jl. Cendrawasih, Sawah Lama, Ciputat, Kota Tangerang Selatan.
Telepon: (021) 7471-382. (www.motorplus-online.com)

Source : MOTOR Plus
Penulis : Panji
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.