Kejahatan Intai Bikers, Bengkel Jadi Sasaran Favorit Begal

Motorplus - Jumat, 12 Mei 2017 | 17:11 WIB

Awas pelaku kejahatan kini sudah mulai mengincar bengkel sebagai target utama membegal motor.

Padahal bengkel kan ramai ya? Kenapa bisa jadi tempat incaran maling atau begal?

Ya justru karena banyak motor yang parkir di bengkel itulah yang nampaknya bikin para garong mengincarnya.

Beberapa bengkel yang sering MOTOR Plus sambangi di area Jakarta sudah jadi korbannya.

Salah satunya bengkel modifikasi DIDS Matic Modification di area Tj Priok, Jakarta Utara.

(BACA JUGA : 16 Tips untuk Bikers Supaya Terhindar dari Aksi Begal)

Bengkel milik Dody Irawan tersebut disatroni para begal pada 29 Desember 2016 lalu kira-kira pukul 5 sore.

"Awalnya ada yang tiba-tiba berantem di depan bengkel. Nah, kan kita pisahin tuh yang berantem, eh salah satunya malah marah-marah dan ngajak berantem si Agung (mekanik bengkel). Karena nggak diladenin nggak lama dia pergi," buka Dody.

"Kirain udah kelar perkaranya, eh ternyata yang ngajak berantem itu balik lagi tapi bawa temen-temennya kira-kira delapan orang. Semuanya bawa senjata tajam kayak parang dan semuanya pakai penutup muka, semuanya langsung nyuruh kita semua masuk kedalam dan tutup rolling door bengkel. Toko dan warung lain di seberang bengkel aja disuruh tutup oleh mereka. Pas kira-kira kondisi sudah aman, maka kita cek keluar ternyata satu Yamaha NMAX punya orang yang lagi mau ngecat raib," bilang Dody yang sudah melaporkan kasusnya ke Polsek Jakarta Utara.

Lain lagi dengan cerita Ricard Riesmala selaku owner A2 Speed di Joglo, Jakarta Barat.

Bengkel tune up miliknya dibobol dengan cara merusak rolling door saat tengah malam, alhasil satu unit Kawasaki Ninja 250 yang tengah di upgrade dibawa kabur.

 “Salahnya kunci motor juga masih ngegantung di motor. Jadi, ketika maling masuk langsung aja sikat motor yang kuncinya masih ada,” bilang Ricard yang mengaku kehilangan juga beberapa spare part racing

Antisipasi

Meskipun berbeda modus kejahatan, intinya pemilik bengkel kini wajib mewaspadai dan mengamankan motor yang tengah ditangani di bengkel miliknya.

“Memang biasanya langganan yang mampir kesini kerap ninggalin kunci di motornya. Motor NMAX yang dibawa kabur itu kebetulan gak dikunci stang. Sekarang saya kasih peringatan simpan kuncinya atau titip saya kalau mau servis dan segala macem-nya,” tambah Dody yang memang bengkelnya sering dijadikan tempat kopdar owner Yamaha Nouvo.

Penambahan kunci pengaman juga bisa dilakukan jika bengkel tidak menyatu dengan rumah pemiliknya atau tidak ada yang menjaga.

“Daripada was-was kalau ninggalin bengkel, mending sekarang bikin kunci gembok tambahan. Biarin deh agak ribet kalau mau buka bengkel tapi jadi lebih aman,” bilang Ricard lagi. Waspadalah all brothers! (www.motorplus-online.com)

Source : MOTOR Plus
Penulis : Motorplus
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular