Bahaya Naik Motor Pakai Sandal Bisa Keluar Duit Belasan Juta

Motorplus - Rabu, 17 Mei 2017 | 16:45 WIB

Ini pengalaman sungguhan dari bro Bartholomeus Diaz De Graal, warga Tangerang Selatan, naik motor pakai sendal berakibat fatal saat terjadi senggolan dengan motor lain. 

“Gue pernah mengalami kecelakaan, beradu dengan motor lain pada saat menyusul. Saat itu sih tidak jatuh dan dikiranya hanya beradu footstep. Tapi, lama kelamaan berasa nyeri pada jari kaki. Ternyata, dua jari kaki gue ada yang patah dan pada saat itu memang lagi memakai sandal bro,” cerita bro Diaz De Graal warga Komplek Caltex Kampung Utan Tangerang Selatan.

Kecelakaan serupa dialami Yudi karena berpapasan dengan pengendara lain.

“Saling beradu footstep dan kaki saya robek menganga. Masuk rumah sakit dan operasi habis Rp 19 juta,” jelas Yudi yang mekanik Pejuangan Motor di Kebon Jeruk Jakarta Barat itu.

(BACA JUGA: Video Momen Kecelakaan Yang Menewaskan Pembalap Muhammad Ihwal Zahran di Palopo)

Masuk akal kalau klub skuter terbesar dunia, Scooter Owners Group (SOG) sangat concern soal ‘sendal’ di kalangan life membernya.

”Siapa aja yang datang ke kumpulan pakai sandal alias nggak pakai sepatu, kami usir pulang dulu pakai sepatu!” kisah Boy Januar Ariska, founder klub ini. Artinya soal safety memang mereka anggap sangat penting!

Kenapa tidak boleh memakai sandal?

Karena, sandal itu hanya sebagai alas kaki, bukan pelindung kaki.

Hingga saat ini, masih banyak yang belum tahu bahayanya naik motor memakai sandal.

Itulah pentingnya memakai pelindung kaki seperti sepatu. 

“Kita selalu mengingatkan kepada teman, saudara bahkan masyarakat umum agar selalu mengedepankan keamanan dalam berkendara. Mulai dari pakaian yang digunakan hingga alas kaki khususnya sepatu. Banyak yang belum paham arti sepatu bagi pengendara, mereka masih mengganggap kebutuhan nomer sekian. Padahal, memakai sepatu nggak kalah pentingnya dengan kita memakai helm,” jelas Ibrahim yang pernah menjabat sebagai Kordinator Road Safety Association (RSA) Indonesia untuk wilayah Kota Bandung Jawa Barat.

Mau yang dibonceng ataupun pengendaranya, lebih baik memakai sepatu yang tidak mudah terlepas.

“Sepatu sendal juga tidak boleh lho bro, soalnya sepatu tipe itu hanya menutupi bagian depan aja. Dan bagian belakangnya pun tidak ada pengaitnya, sehingga mudah lepas apabila terjadi kecelakaan,” tambah pria yang aktif juga di Nouvo Lovers.

Jadi, prinsipnya memakai sepatu, menutup mata kaki wajib bagi bikers untuk meminimalisir cidera parah pada kaki.

Ingat bro, jangan diremehkan. Keep safety(www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular