Lari Anjing, Deteksi Swing Arm Yamaha Scorpio Oblak

Stephen - Kamis, 29 Juni 2017 | 20:04 WIB

Judul di atas bukan lari bersama anjing loh, sob!

Melainkan istilah bengkel pada kendaran bermotor, akibat efek dari tidak centernya antara roda depan dengan roda belakang.

Termasuk di motor. Kalau di motor, lari anjing ini salah satu ciri-cirinya, bagian belakang motor berasa seperti mau mendahului bagian depannya.

(BACA JUGA :  Pasang Lengan Ayun Matik, KEncangkan 2 Baut Ini Dulu)

Terutama ketika melewati jalan yang tidak rata.

Nah, penyebab motor lari anjing tersebut, bisa diakibatkan oleh oblaknya swing arm.

Untuk memastikannya, parkir motor pakai standar tengah, lalu pegang roda belakang dan goyangkan ke kanan maupun kiri.

“Kalau goyangnya cukup banyak, itu indikasi laher atau as armnya sudah termakan atau aus. Bisa karena kurangnya perawatan, atau memang sudah termakan usia,” jelas Kiki Kurniawan, mekanik bengkel B.I.G.G di Jl. Ketapang 1 No. 37, Pamulang, Tangerang Selatan.

Kalau sudah begitu, Kiki menyarankan untuk segera mengganti part swing arm yang aus.

“Karena kalau didiamkan, as arm bisa patah loh. Komponen lainnya bisa ikuta termakan juga, seperti gir dan rantai,” wanti mekanik berusia 39 tahun ini.

Oh iya, untuk Yamaha Scorpio yang laher poros armnya model bambu dan tertanam dalam dudukannya di rangka, ada trik murah meriah untuk melepasnya.

“Setelah armnya ditanggalkan, copot laher bambunya menggunakan mur dan baut 14 mm. Mur baut ini, berfungsi sebagai treker pencabut laher. Tapi, usahakan saat kita memutar mur jangan tergesa-gesa atau terlalu kuat, agar baut tidak patah atau dratnya tidak rusak,” sarannya.

Bisa juga dengan cara mengetok pada pinggiran laher.

“Namun cara ini tidak disarankan. Karena kalau meleset ketokannya, bisa berakibat lecetnya pinggiran dudukan laher. Kalau sudah lecet, kemungkinan memasukkan laher baru jadi susah dan tidak presisi lagi,” tutup pria yang gemar bercanda ini. (www.motorplus-online.com)

Source : MOTOR Plus
Penulis : Stephen
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular