Diduga IPW Mulai Ada Trik Pemilik SPBU untuk Timbun Bensin Premium Jelang Lebaran

Rabu, 7 Juni 2017 | 10:09 WIB

Mendadak selang dan pengisi Premium di SPBU hilang mendadak yang dicurigai permainan untuk menimbun Premium menjelang Lebaran.

Karena itu, Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya maupun Direktorat Ekonomi Khusus Bareskrim Polri diminta mengusut kasus "menghilangnya" sejumlah selang dan alat pengisi bahan bakar Premium di sejumlah pompa bensin milik PT Pertamina (Persero), terutama di Jabodetabek.

Neta S Pane, Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) mengatakan ini harus dilakukan untuk diketahui apakah hal ini merupakan permainan pengusaha pompa bensin atau ulah para spekulan untuk menimbun bahan bakar minyak (BBM).

Jika situasi ini dibiarkan, Neta mengkhawatirkan akan terjadi keresahan dan masyarakat dirugikan.

Sebab akibat ulah "menghilangkan" selang dan alat pengisi Premium terjadi antrean panjang di setiap pompa bensin.

"Dari pantauan IPW hilangnya selang dan alat pengisi Premium itu terjadi mulai 1 Juni 2017. Selang dan alat pengisi Premium yang biasanya sebanyak 10 hingga 12 unit, kini mendadak tinggal tiga. Dua untuk mobil dan satu untuk pengisian Premium sepeda motor," ungkap Neta, Rabu (7/6/2017).

Dalam pengusutan kasus ini menurut Neta, Polri perlu menangkap sejumlah pengusaha pompa bensin yang menjadi spekulan.

Agar bisa diketahui apakah hal ini permainan pengusaha pompa bensin untuk menimbun BBM agar terjadi kelangkahan Premium atau hal ini merupakan permainan spekulan agar terjadi kelangkahan Premium hingga para spekulan bisa "mempermainkan" harga Premium, menjelang Lebaran.

Neta melanjutkan "dihilangkannya" sekitar 70 persen selang dan alat pengisi Premium dari pompa bensin adalah modus baru dalam kejahatan ekonomi.

Terlebih lagi peristiwa ini terjadi dihampir semua pompa bensin di Jabodetabek.

"IPW mensinyalir, menjelang Lebaran banyak komoditas sengaja dipermainkan agar harganya di pasar melonjak tajam. Akibatnya banyak konsumen yang dirugikan," tegasnya.

Neta menambahkan YLKI juga perlu memantau manuver yang terjadi di pompa bensin sehingga Polri tidak ragu untuk menindak tegas.

Artikel ini dipublikasikan Tribunnews.com dengan judul Polri Diminta Selidiki Hilangnya Selang dan Alat Pengisi BBM di SPBU

Penulis :
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular