9 Bengkel Spesialis Modifikasi Kustom Kultur

Rabu, 12 Juli 2017 | 12:51 WIB

Virus kustom kultur, masih jadi tren modifikasi hingga kini.

Enggak heran bila bengkel-bengkel spesialis kustom kultur menjamur di mana-mana.

Tapi tak jadi halangan untuk bersaing menciptakan ide-ide kreatif buat penikmat kustom.

Berikut ini 9 bengkel spesialis modifikasi kustom kultur dengan ciri khasnya.

(BACA JUGA: Kustom Kultur Sudah Masuk ke Kota Santri)

1. Mr. Kuztom Garage

Bengkel yang berdiri sejak 2012 ini, sudah jadi langganan kontes maupun tampil di MOTOR Plus.

Salah satu karyanya, bahkan sempat jadi cover MOTOR Plus beberapa edisi lalu.

Rumah modifikasi ini buka praktek di kawasan Lido, Bogor, Jawa Barat.

Digawangi oleh Reno Ardiansyah alias Momo, pekerjaan utamanya sebagai perawat di IGD tak heran bila karyanya selalu tampil rapi dan keren.

"Di sini semua motor bisa dimodifikasi. Mulai dari cc kecil sampai moge juga diterima. Karena prinsipnya cuma satu, yakni ketelitian. Juga sesuai nama bengkel, dijamin hasilnya bakal jadi Kustom Kultur keren," Bilang Momo

Oh iya, soal biaya modifikasi, Momo menganjurkan untuk ngobrol santai di gerainya, atau bisa kontak via telephon berikut ini Komplek STPP Cinagara, Lido, Bogor. Telepon: 0852-1216-2428.

(BACA JUGA: 30 Tahun Lalu Nih Cewek Keliling Dunia Pakai Motor Tanpa Aplikasi Navigasi)

2. Coba-Coba Custom

Tenang aja sob! Rumah modifikasi CCC ini bukan bengkel percobaan kok.

Pasalnya, Kelik Robiyantoro selaku pemilik sekaligus builder CCC, berkecimpung di dunia custom sudah lumayan lama. Hasil karyanya sudah diterima para kliennya.

Tapi, memang mereka pakai jurus coba-coba dalam meciptakan karya seni yang indah.

Ya tentu saja, untuk menciptakan kreasi baru, pastinya diawali dengan coba-coba. Nah, saat diterapkan terlihat pas dan keren, baru deh diproduksi dengan finishing bagus.

Oh iya, soal biaya modif di CCC, “Misal basisnya Yamaha Scorpio, mau dimodif bergaya tracker, budget-nya sekitar Rp 15 juta sampai 20 juta, tergantung part yang dipakai. Ubahannya itu mulai dari rangka, kaki-kaki hingga bodi,” terang Kelik.

Namun, lanjutnya, harga tersebut bukan patokan mati.

Tertarik kustom motor kesayangan di CCC? Langsung saja ke base camp-nya di Jl. Raya Lenteng Agung Barat, Gardu (putaran tol pendek), RT 05/03 Serengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Telepon : 0813-8209-0089.

3. Bless Motor

Tipikal konsumen zaman sekarang, termasuk bikers, penginnya belanja itu di tempat gaul. Nah, fenonema itu dikonsep Blessmotor.

“Kita menyuguhkan part kustom dan Vespa. Selain itu, sebentar lagi akan membuka café untuk hang out bikers. Sekalian menyediakan tempat kongkow buat biker di daerah Ciledug,” bilang Mahkota ‘Ota’ Hendra, owner Blesss Motor

Untuk paket café racer dan Japs style, mulai dari Rp 1,9-Rp 2,5 juta. “Paketnya pada tangki, jok, buntut, headlamp, handgrip, tutup tangki, setang, sein, knalpot dan bar end. Itu belum termasuk jasa modifikasi ya, karena kita bekerjasama dengan rekanan bengkel kustom,” jelas pria berumur 36 tahun.

Nah.. selain untuk motor kustom kulture, juga banyak pilihan variasi untuk Vespa, mulai dari knalpot, crash bar set, kepet, spion dan masih banyak lagi yang lain. Kalau mau belanja apparel juga ada, tentunya semua bertemakan kustom kultur dan Vespa.

Blesss Motor bengkel spesialis Vespa konsep shoping & hangout juga enak buat nongkrong, dan harga pun bersahabat. Mampir saja dulu deh ke Jl. K. Ashyim Azhari No. 88E, Ciledug, Tangerang. Telepon: 0812-9583-565.

4. Heubeul Garage & Store

Dedi mulai jadi builder tahun 1997. Awalnya, ia skuteris sejati dan gabung di klub Vespa kota Bogor, Jawa Barat. Nggak heran, di awal pembentukannya, motor-motor para skuteris jadi objek garapannya. Selanjutnya dibikin Heubeul Garage & Store.

Heubeul Garage & Store juga gandrung me-rebuild motor-motor klasik. Dari hasilnya kelihatan jelas, ia gandrung tampilan vintage di motor-motornya. Berbagai aliran, mulai café racer, street track, flat track, chopper sampai desain ol skool sebelum chopper, yakni bobber.

Soal taste Dedi terbilang baik. Buktinya, pasien yang datang banyak motor kategori rider item. So, artinya bukan motor kebanyakan. Tuh, ada BMW R25 - R50, Francis Barnett, DKW, Triumph, Yamaha XS dan banyak lagi.

Yang motornya mau di garap mang Dodi bisa sambangi ke Jl. Manunggal No. 51, Bogor Barat, Bogor. Telepone 0857-1490-0057.

5. Redzone

Buat two wheelers yang lagi nyari bengkel modifikasi kustom kultur di seputaran Klender, Jakarta Timur, boleh nih sambangi RedZone Company.

Sipnya lagi, Rizky Timothy selaku komandan RedZone, disupport penuh Nano ‘Welding’, Aki ‘Construction’, Agus ‘Part Engine’, Aca ‘Assembling’ dan Tidy ‘Painting’.

Sesuai julukannya, masing-masing punya keahlian garap bagian-bagian motor. Mereka bekerjasama membangun RedZone sejak 2012.

“Ada beberapa builder dan teman klub yang mempercayai kita untuk mengubah tunggangannya,” ucap member MMC Outsiders Indonesia Bekasi Chapter yang akrab disapa Mothy ini. Meski kebanyakan garap Harley-Davidson dan moge, namun mereka juga terima motor dengan kapasitas mesin 500 cc ke bawah.

Hasil karyanya tidak usah diragukan lagi. Beberapa motor modifikasi garapan gerai ini sudah sering mejeng di Em-Plus. Mulai style choppers, café racer, flat track dan sebagainya.

Itu dari basic mesin 150 cc hingga mesin 1.200 cc. Tertarik? Langsung saja mampir ke markas RedZone Company di Jl. Buaran Raya No. 10B, Klender, Jakarta Timur. Telepon. 0813-6911-9929.

6. Chevy Motor

Chevy Motor Custom Retro dipunggawa oleh Chevy Ariesta didampingi Egi Tama mengembangkan dunia otomotif di wilayah, Jl. Lintas Liwa, Pasar Senin, Fajar Bulan, Way Tenong, Lampung Barat.

“Kami di sini memang sedang mengembangkan dunia otomotif khususnya modifikasi kustom kulture di wilayah Lampung Barat. Karena, untuk penyediaan spare part modifikasi memang belum ada di wilayah ini. Tapi, kalau bengkel ada beberapa yang sudah bisa memodifikasi. Pernah beberapa kali, memodifikasi barangnya ambil dari wilayah Jawa. Agak berat dan memakan waktu juga. Makanya, kami berinisiatif untuk mengembangkannya sendiri, heheehe,” ucap pria yang berwirausaha design grafis.

Nah, buat para two wheelers khususnya di Sumatera, bisa tengok nih bengkel spare part Chevy Motors. Atau bisa di kepoin di nomer telepon 0812-4141-4370.

7. Busi Custom

Angga Pribadi Laksana, Sang Owner mengatakan bahwa totalitas dan detail menjadi salah satu kunci untuk memuaskan kliennya.

“Tepat waktu juga jadi poin penting agar klien tidak kecewa. Kalau sampai molor dari jadwal yang disepakati, bisa bikin bad mood dan nama baik kita bisa tercemar” ungkap biker yang pernah melakoni turing seorang diri keliling Indonesia dan beberapa daerah di Malaysia dan Brunei Darussalam dengan tajuk ‘Indonesia Pride Movement’ tersebut.

“Budget juga pantang bengkak jika bukan karena perubahan yang diminta oleh klien” tambahnya.

Aliran yang biasa digarap yaitu bobber, chopper, caferacer, japs, choppy cub, street cub, flattrack dan lain-lain. Jangan khawatir bakal digetok harga mahal, semua bisa dikompromiin kok. “Pokoknya harga saudara deh,..hehe” cetus Angga.

Buat yang mau di modif Angga, bisa langsung melipir ke Perumahan Dasana Indah Blok UB 15 No.21 Tangerang Karawaci, Banten. HP: 0812-4578-4879.

8. Badfox Company

Tim yang kompak, membuat Badfox Company terus berkembang. Berawal dari bengkel klub Cosa Nostra  MC, mereka mulai ‘go-publik’ seiring hasrat customized bikers yang makin berkembang. Akhirnya, Badfox Company kenal rumah modifikasi spesialis kustom kultur.

Dukungan dari teman seklub akhirnya gaet Bro Iyus 'Choppsuey' sebagai mekanik utama. Serta Bro Indra Bamboo sebagai partner, alhasil Badfox Company bisa meramaikan dunia custom Indonesia.

Untuk kapasitas pun variatif alias nggak harus Harley-Davidson. “Kami ngemodif juga dengan basic kapasitas mesin 500 cc kebawah,” ungkap Bro Iyus Choppsuey. Yang jelas Bengkel Bad Fox Company bisa memberi warna baru di dunia custom. Khususnya di kota Bandung dan Indonesia pada umumnya juga menyemarakan industri kreatif kota ini.

Jl Suryalaya III No. 49, Bandung. Telp. 0822-1942-7474. Itu alamat dan no.telp yang bisa di hubungi.

9. Totoang Garage

Bengkel yang baru berdiri tanggal 20 September 2016 ini, bukan berarti gak gapek urusan modifikasi kustom kultur.

Pasalnya, Choky selaku builder sekaligus owner bengkel yang diberi nama Totoang Garage salah satu mantan builder di Carburators Springs (Bikers Station) yang ada di Bintaro. Tentu saja, hasil modifikasinya selalu terlihat apik.

"Memang awalnya ikut bengkel di Bintaro, tapi kelamaan pengen buka usaha sendiri. Alhamdulillah, Totoang Garage telah resmi kami buka dengan support dari teman-teman dan keluarga. Selain itu, Totoang adalah wadah sekumpulan anak-anak rock n' roll yang punya banyak kreatifitas, hehehe," jelas Choky, member of Mmc Outsiders Indonesia

Nah, buat yang mau kongkow dan sharing seputar kustom coba sambangi saja Totoang Garage di Jl. Dusun Pasir Jengkol, No.14, Suka Makmur, Karawang Barat. Atau bisa di kontak kang choky di 0812-9768-0429 (WA) / D07F3735 (Bbm). (www.motorplus-online.com)

 

Penulis :
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular