Gemuk Bikin Karat Ogah Nempel

Ryan Tambun - Kamis, 24 Agustus 2017 | 14:29 WIB

Sistem rem tromol di beberapa motor masih diandalkan, hal ini terkait kemampuannya yang gak kalah sama rem cakram bila dirawat dengan baik dan dilakukan pengecekan secara berkala.

Tapi masih banyak bikers yang ogah lakukan pengecekan berkala secara rutin dikarenakan sedikit ribet untuk pembongkaran.

"Agak ribet kalau tromol, sementara cakram mudah dibuka dan lebih gampang dibersihkan dengan disemprot angin bertekanan," ucap Shofia Pramudian bikers pembesut Yamaha New Vega R.

Nah ini sebuah masalah, kebanyakan orang merasa ribet melakukan perawatan rem tromol.

(BACA JUGA :  Oles Gemuk As Roda Matic Agar Gak Seret )

Sistem rem tromol yang masih menggunakan mekanisme tuas megandalkan per spiral di kampas rem sebagai pembalik rem kala pedal dilepas.

Per spiral ini penting dan sering terlupakan untuk di cek.

Karat menjadi musuh utama per spiral ini karena rem yang rawan masuk air dan ketika dicuci air mengendap di sistem rem tromol tersebut.

Supono Ngudiarto salah seorang teman penulis yang juga jago service motor punya kiat jitu yakni mengoleskan grease atau gemuk di per spiral tersebut.

"Kasih grease nya tipis-tipis aja dan rata. Kalau terlalu banyak pasti kotoran penuh menempel di per nya," ucap pria yang tinggal di Papan Mas, Tambun.

Dengan adanya grease di per tersebut setidaknya membantu menolak air yang menempel di per kampas rem sehingga per aman dari karat.

Potensi per patah atau putus akibat karat bisa dihindari kan sob.

Namun bukan berarti perawatan rutinnya di abaikan ya! (www.motorplus-online.com)

Source : MOTOR Plus
Penulis : Ryan Tambun
Editor : Hendra




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular