Puskesmas Banyuwangi Buru Masyarakat Sakit

Candra - Jumat, 15 September 2017 | 05:36 WIB

Tenang, itu adalah program baru Puskesmas Sempu kabupaten Banyuwangi yang menggunakan sepeda motor untuk mendatangi masyarakat yang sedang sakit.

Sengaja dipilih sepeda motor, supaya bisa menjangkau masyarakat miskin yang berada di wilayah pinggiran dan tidak bisa dijangkau dengan mobil ambulance.

Uniknya lagi, setiap bulan armada sepeda motor tersebut mendapat subsidi sekitar 25 liter bensin dari salah satu SPBU di kecamatan Sempu.

“Sejak Maret lalu motor ini sudah dioperasikan oleh seorang pegawai puskesmas, jika ada laporan orang sakit langsung dijemput pakai motor supaya bisa terjangkau lokasinya,” bilang Hadi kepala Puskesmas Sempu.

(BACA JUGA : Netizen Meragukan Pembalap Pengganti Valentino Rossi di MotoGP Aragon)

Bagusnya lagi, motor yang digunakan sudah dilengkapi dengan peralatan medis dan box obat-ibatan plus sirine yang musti dihidupkan sewaktu-waktu.

“Ada HT juga supaya bisa koordinasi dengan Kader yang ada di lapangan atau dokter yang bertugas di puskesmas, itu dilakukan karena beberapa wilayah susah sinyal. Jadi pakai HT lebih efisien,” terangnya lagi.

Hasilnya, berjalan 6 bulan sudah ada sekitar 100 pasien yang diangkut tuh dengan menggunakan sepeda motor. Baik yang dilayani di rumah atau dijemput menuju puskesmas.

Untuk subsidi bensin 25 liter tersebut Hadi menjelaskan bahwa itu adalah bentuk perhatian dan dukungan dari masyarakat sekitarnya.

"Jadi kalau mau isi bensin ya langsung ke SPBU tersebut. Berapapun isinya yang penting satu bulan 25 liter. Biasanya nggak sampai 25 liter tapi kalau lebih ya kami beli sendiri," pungkasnya. (www.motorplus-online.com)
Berita ini telah ditayangkan oleh kompas.com dengan judul
http://regional.kompas.com/read/2017/09/14/17251561/puskesmas-di-banyuwangi-dapat-bensin-gratis-untuk-antar-jemput-pasien


 

Source : MOTOR Plus
Penulis : Candra
Editor : Hendra




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular