Sepeda Motor Menjadi Penyebab Tingginya Angka Kecelakaan Lalu Lintas

Arseen - Rabu, 25 Oktober 2017 | 20:56 WIB
Taufiq
Pembicara Yayat Supriyatna mendapat plakat penghargaan

MOTOR Plus-online.com - Dalam kegiatan sesi diskusi jelang penghargaan IRSA, Korlantas Polri memaparkan banyaknya kecelakaan yang disebabkan oleh persoalan lalu lintas.

Salah satu faktor penyebab tingginya angka kecelakaan lalu lintas angkutan jalan adalah peningkatan pertumbuhan kendaraan pribadi terutama sepeda motor.

Pertumbuhan ini sangat pesat dalam 10 tahun terakhir.

Juga masih kurang optimalnya upaya peningkatan keselamatan lalu lintas yang ditujukan khusus pengendara sepeda motor.

(BACA JUGA: Harga Kawasaki Ninja 250 Terbaru Akan Mirip Dengan Harga CBR250RR)

Bahkan dalam setahun, tingginya pertumbuhan kendaraan pribadi dapat mencapai 12%.

Berdasarkan data Korlantas Polri, untuk kendaraan pribadi yang sering mengalami kecelakaan didominasi oleh kendaraan roda 2, yang mencapai angka 72%.

Untuk mengurangi kecelakaan ini, Yayat Supriyatna, pengamat perkotaan, mengatakan faktor angkutan umum dan trotoar yang baik bisa mendorong orang untuk tidak menggunakan kendaraan pribadi.

Trotoar yang baik akan memacu masyarakat untuk mulai melakukan aktifitasnya dengan berjalan kaki, bukan dengan kendaraan pribadi yang bisa memicu kecelakaan.

Penulis : Arseen
Editor : Arseen




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular