Enggak Perlu Keluar Duit Buat Atasi Bunyi Berdecit di CVT Matic, Siapkan Ampelas dan Sikat Aja

Mohammad Nurul Hidayah - Kamis, 5 April 2018 | 15:11 WIB
Motor Plus
CVT motor matik

MOTOR Plus-online.com - Bikin kesel kalau ketika mau dipakai jalan, seiring bukaan gas diputar timbul suara berdecit dari CVT.

Suaranya, mirip tikus yang mengeluarkan suara nyaring. Cit...cit..citt..

Tapi, suara itu kadang timbul dan kadang hilang.

"Selain timbul suara, ketika mau mulai berjalan pun, terasa agak tersendat-sendat laju motor. Tapi, kalau sudah dipakai jalan, gejala itu hilang," beber pria yang tinggal di Kebon Kopi, Pondok Betung, Tangerang Selatan.

Tentunya, enggak mungkin kalau binatang pengerat alias tikus itu mampir ke CVT dong.

(BACA JUGA : Rem Cakram Tiba-tiba Keras dan Kurang Pakem, Enggak Perlu ke Bengkel Biar Enak Lagi)

Nah, kemungkinan terbesar, gejala itu bisa disebabkan dari kampas kopling yang aus.

"Atau, bisa juga karena mangkok kopling yang kotor. Masalah seperti ini bisa dihilangkan kok," beber Uchay dari Uchay Speed di Tanah Kusir III, Jakarta Selatan.

Diagnosa Uchay juga didukung Slamet selaku Instruktur Yamaha Engineering School (YES) PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

"Suara itu ditimbulkan karena kampas yang selip ketika berakselerasi. Suara ini bisa lebih keras karena adanya rongga (dua lapisan) di bagian rumah kopling yang berfungsi sebagai pendinginan," bilang Slamet.

Kampas yang aus atau potensi menimbulkan selip, bisa dicirikan dari bentuknya yang keras dan juga pancarkan warna mengkilap. Sehingga, terkesan licin bagian tapak kampas itu.





KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular