Harus Jeli! Ini Ciri Khas Bengkel Bubut Yang Cakap Tangani Korter Blok Silinder

Arseen - Selasa, 2 Oktober 2018 | 14:39 WIB
Rangga/Otomotifnet
Ilustrasi blok silinder

MOTOR Plus-online.com - Korter bisa dibilang memperbesar ukuran boringan dengan cara dikikis pakai mesin bubut untuk hilangkan bagian yang baret atau lecet.

Untuk mendapatkan hasil korter yang sesuai ternyata enggak bisa sembarangan.

Sebab, komponen ini sangat vital kerjanya di dalam mesin.

Paling tidak harus dilakukan di bengkel bubut yang jelas.

Melakukan korter silinder biasa dilakukan sebelum memperbesar ukuran piston.

(BACA JUGA: Efek Bahaya Mengintai Motor Yang Terkena Korban Tsunami, Awas Bengkok!)

"Pastikan bengkel bubut yang kamu ingin datangi memang terbiasa mengerjakan korteran. Minta referensi bengkel bubut dari mekanik yang biasa mengerjakan," wanti Zainul Furqon dari bengkel Banewmas Motor.

"Bagus tidaknya bengkel bubut di lihat dari hasil kerjanya yang wajib presisi. Enggak belok-belok," tambahnya di Pekayon, Jakarta Timur.

Hal ini terkait dengan kemampuan alat bubut.

"Namanya alat dipakai, pasti ada perubahan baik ukuran celah. Nah, bengkel bubut yang bagus secara periodik melakukan kalibrasi agar hasilnya terus presisi," tambahnya.

Kalibrasi adalah penyesuian kembali ukuran alat bubut sesuai dengan spesifikasi celah antara boring dan piston nantinya.

Penulis : Arseen
Editor : Arseen




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular