Minyak Rem Terbukti Manjur Untuk Obati Luka? Kok Banyak Yang Pakai..

Arseen - Senin, 15 Oktober 2018 | 07:12 WIB
beritabelita.blogspot.com
Ilustrasi minyak rem

MOTOR Plus-online.com - Kabarnya oleskan minyak rem ke luka setelah kecelakaan sangat manjur Kalau ada yang luka lecet di bagian badan.

Pasti pernah kan melihat atau mencoba mengobati luka baru dengan minyak rem.

Ini mitos atau fakta sih sebenernya?

"Kalau dibilang mitos ya minyak rem ini terbukti manjur mengobati luka baru, apalagi buat pertolongan pada kecelakaan, minyak rem pas diguyur diluka yang baru membuat sakit dan perih diluka saya hilang,

tidak cuma itu darah pun berhenti mengalir dan membentuk jaringan selaput," tutur Ibe Daniar pengendara Vespa yang pernah mencoba mengobati luka dengan minyak rem.

(BACA JUGA: Lagi Pacaran di Motor, Sepasang Kekasih Malah Dibegal dengan Senjata Tajam)

Tapi, ada anggapan keliru, cairan rem bisa digunakan untuk mengobati luka terbuka.

Sebenarnya tidak ada hubungannya dengan pengobatan medis.

Bahkan di kemasan diberi peringatan tidak boleh kontak langsung dengan minyak rem, khususnya mata dan kulit.

"Mungkin karena sifatnya yang mengikat cairan, sering diasumsikan bisa mengobati luka. Juga ada yang menambahkan warna merah sehingga mirip dengan obat merah," ucap Inge Harsono, QC- R&D Manager Autochem Industry.

Nah buat sobat yang mengalami luka yang mengakibatkan kulit terbuka dan berdarah sebaiknya bawa langsung ke klinik atau dokter terdekat.

"Menggunakan minyak rem sebenarnya tidak dianjurkan, tetapi dari pengalaman yang ada bisa juga sebagai pertolongan pertama pada kecelakaan apabila keadaan darurat, yang pasti kedokter lebih baik," tutup Ibe Daniar. 

Penulis : Arseen
Editor : Arseen




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular