Wuih, Indonesia Pertama Kali Jadi Tuan Rumah MotoGP Tepat Tanggal Hari Ini Seperempat Abad Lalu , Nih Pemenangnya

Indra GT - Selasa, 7 April 2020 | 10:45 WIB
Mick Doohan juara dunia GP500 pertama kali mengaspal di Sirkuit Sentul, Jawa Barat tahun 1996 dan langsung podium pertama
NB/OTOMOTIF
Mick Doohan juara dunia GP500 pertama kali mengaspal di Sirkuit Sentul, Jawa Barat tahun 1996 dan langsung podium pertama

MOTOR Plus-online.com - Hari ini tanggal 7 April merupakan hari yang selalu dikenang oleh penggemar MotoGP Indonesia.

Bagaimana tidak, pada tanggal 7 April 1996, nyaris seperempat abad lalu silam, Indonesia pertama kali jadi tuan rumah GP Indonesia.

Untuk pertama kalinya Sentul Internasional sirkuit yang berlokasi di Bogor, Jawa Barat menjadi tuan rumah ajang balap dunia motor paling bergengsi.

Pemenangnya dari ketiga kelas yang dilombakan adalah Michel Doohan untuk GP 500, Tetsuya Harada di GP 250 dan Masak Tokudome di GP 125.

Baca Juga: Ini Pembalap Indonesia yang Pernah Balap Melawan Valentino Rossi di Ajang GP

Baca Juga: Tidak Ada Pembalap yang Bisa Pecahkan Rekor Valentino Rossi di Sirkuit Sentul 

Saat itu Indonesia harus membayar izin untuk mengadakan GP Indonesia dengan harus merogoh kocek 2 juta Dollar Amerika Serikat. 

Tentunya di tahun 1996 2 juta Dollar AS nilai yang sangant besar dan setara dengan Rp 4,6 Milyar, saat itu kurs Rp 2.300/Dollar.

Bandingkan dengan rencana tahun 2021, Indonesia akan adakan MotoGP Indonesia yang mengambil lokasi Sirkuit jalan raya Mandalika.

Biaya yang harus dirogoh dari kocek untuk memperoleh izin dari Dorna adalah berkisar 8 juta Euro atau setara dengan Rp 143,8 Miliar jika kursnya Rp 17.973/Euro.

Kalau dikonversi ke Dollar AS maka nantinya Indonesia harus menyiapkan 8,6 juta Dollar.

Baca Juga: Nostalgia Lihat Video Valentino Rossi Balap di GP125 Sentul, Juara di Tahun 1997

Penulis : Indra GT
Editor : Joni Lono Mulia

Video Pilihan


YANG LAINNYA

Tag Popular