Sering Macet Karena Hujan, Begini Cara Bikin Standar Tengah Lancar Lagi

Indra Fikri - Kamis, 10 Februari 2022 | 18:05 WIB
Reyhan Firdaus / Motorplus-online.com
Ilustrasi standar tengah motor

MOTOR Plus-online.com - Sering macet gara-gara terkena air hujan, begini cara membuat standar tengah motor menjadi lancar lagi.

Hal ini dikarenakan posisi standar tengah biasanya berada di paling bawah dan rentan terkena kotoran.

Karena endapan kotoran dan cipratan air hujan itu lah standar tengah motor kerap macet.

"Di motor bebek atau skubek rawan menumpuk kotoran," kata Timbul Suwardi, Chief Mekanik Main Dealer Wahana Makmur Sejati.

"Padahal kalau dilakukan perawatan secara berkala bisa menghindari gejala standar tengah macet. Triknya juga cukup gampang kok," sambungnya.

Kalau tidak mau ribet atau melepas standar tengah, bisa menyemprotkan cairan penetran atau chainlube ke as standar tengahnya.

"Ini merupakan tips paling gampang. Cukup standar tengah motor lalu semprotkan penetran ke bagian lubang as standar," ungkap Timbul.

Namun, jika kondisinya sudah cukup parah dan mulai sulit untuk digunakan, maka standar tengah harus dilepas terlebih dahulu untuk membersihkan as standarnya.

Baca Juga: Bikers Musti Cek Bagian Motor Ini Jika Sering Terobos Hujan, Rawan Karat Nih!

Baca Juga: Motor Habis Kehujanan, Bikers Disarankan Langsung Siram Pakai Air Bersih, Ini Alasannya

"Lepaskan standar tengah terlebih dahulu dari porosnya. Lalu as standar dibersihkan dengan bensin lalu diberi grease atau gemuk," jelasnya.

Apabila metode tersebut tidak mempan juga, maka solusi dari Timbul adalah menggerinda bagian as standar tengah.

"Solusi dari kita adalah digerinda perlahan supaya kotoran yang lengket terlepas. Lalu di amplas pakai amplas halus supaya as standar bersih total,” tutup Timbul.

Baca Juga: Jadi Alat Tempur Wajib, Begini 4 Tips Memilih Jas Hujan yang Baik

Source : Otoseken.id
Penulis : Indra Fikri
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular