5 Tips Merawat Sokbreker Motor Agar Awet, Bikin Ngabuburit Makin Asik

Erwan Hartawan - Sabtu, 16 April 2022 | 18:35 WIB
Harry/Gridoto.com
Ilustrasi sokbreker dari Ohlins

MOTOR Plus-Online.com - Sokbreker atau suspensi motor jadi salah satu komponen yang penting pada motor.

Komponen tersebut harus dilakukan perawatan secara rutin agar tetap awet dan nyaman saat digunakan melewati beragam karakter jalan seperti melintasi jalan berlubang atau bergelombang.

Suspensi memiliki peran penting agar sepeda motor tidak menerima terlalu banyak beban akibat goncangan yang terjadi," ungkap Muslian, Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu).

"Mengingat pentingnya peran suspensi pada sepeda motor, maka kami memberikan beberapa tips dalam perawatan suspensi agar awet dan mendukung aktivitas berkendara dengan lancar,” sambungnya.

Nah berikut beberapa tips untuk merawat suspensi motor:

1.Jaga kebersihan suspensi

Kotoran yang menempel di area kerja suspensi jika tidak dibersihkan akan membuat lecet inner tube atau batang suspensi yang akan menyebabkan suspensi mengalami kebocoran dan menurunkan kualitas kerja suspensi.

Sebaiknya cuci motor secara berkala dan bersihkan area suspensi dengan seksama.

Jika kehujanan segera bilas/cuci motor, pastikan juga area suspensi aman.

Sifat korosi air hujan bisa merusak suspensi secara perlahan-lahan.

Penulis : Erwan Hartawan
Editor : Indra GT




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular