Urai Kemacetan, Polda Banten Bakal Terapkan Ganjil Genap Kendaraan

Erwan Hartawan - Selasa, 19 April 2022 | 21:30 WIB
Hondacommunity.net
Ilutrasi kapal laut di pelabuhan merak, Banten

MOTOR Plus-Online.com - Polda Banten bakal menerapkan sistem ganjil genap kendaraan.

Hal ini dilakukan untuk mengurai kemacetan saat terjadinya lonjakan jumlah kendaraan saat libur mudik.

Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto menjelaskan bahwa jalur tempat wisata akan diberdayakan kembali ganjil-genap saat mudik.

“Khusus jalur ke tempat wisata, berdayakan kembali ganjil-genap dan sosialisasikan meluas,” ucap Irjen Pol Rudy Heriyanto dikutip dari laman NTMC Polri.

Selain ganjil-genap, Polda Banten juga menyiapkan skenario rekayasa lalu lintas di jalan tol maupun jalur arteri menuju Pelabuhan Merak.

Hal inisebagai langkah antisipasi kepadatan kendaraan karena arus mudik.

Rudy juga menjelaskan, pihaknya akan menyiapkan posko pelayanan masyarakat terutama untuk pemudik, seperti tempat istirahat yang nyaman, toilet mobile di jalan arteri maupun pintu keluar tol.

Baca Juga: Libur Panjang, Puncak Bogor Kembali Berlakukan Ganjil Genap Kendaraan

“Jika jalur tol di Merak padat, petugas dapat alihkan pengendara untuk exit di pintu tol lainnya,” ucap Irjen Pol Rudy Heriyanto.

Direktorat Lalu Lintas juga akan diarahkan untuk menyiapkan montir di titik kemacetan, agar kendaraan pemudik yang mogok bisa segera ditangani dengan cepat.

Rudy menambahkan pihaknya bersama dengan instansi dan lembaga lain juga akan membuka gerai vaksin di area Pelabuhan Merak dan di atas kapal laut.

Baca Juga: Mau Liburan ke Puncak Bogor Catat Ganjil Genap Berlaku Sampai Kapan

“Gerai vaksin disiapkan di Merak. Mulai munculkan sosialisasi di spanduk di Jakarta."

"Bagi yang ke Merak agar siapkan aplikasi PeduliLindungi dan persyaratan bisa menyeberang ke Merak,” tutup Irjen Pol Rudy Heriyanto.

Source : NTMC Polri
Penulis : Erwan Hartawan
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.