Ini Peralatan Yang Wajib Dibawa Pemotor Saat Melakukan Perjalanan Jauh

Indra Fikri - Kamis, 21 April 2022 | 20:00 WIB
Tribunnews.com
Foto ilustrasi mudik

MOTOR Plus-online.com - Berikut ini peralatan yang wajib dibawa para pemotor saat melakukan perjalanan jauh mudik lebaran 2022.

Persiapan pertama, tentu saja dari faktor kesehatan badan kita, pastikan diri kita dalam kondisi sehat.

Butuh kesiapan fisik yang prima, kemampuan berkendara yang memadai dan emosi yang stabil.

Makanya, jika kondisi psikis atau fisik kita tidak memadai, jangan melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi seperti motor.

Meskipun dalam kondisi sehat, namun kalau kita punya riwayat penyakit tertentu, jangan lupa untuk membawa obat-obatan pribadi, dan sediakan catatan khusus yang berisi nomor kontak keluarga yang bisa dihubungi.

Selanjutnya jangan lupa bawa kelengkapan identitas seperti SIM, KTP dan STNK.

Selain itu, persiapkan juga riding gear yang nyaman dikenakan dari mulai jaket, helm, pelindung sikut dan lutut, sepatu riding, body protector dan kebutuhan pengaman lainnya.

Motor yang akan kita gunakan untuk mudik juga wajib kita servis jauh-jauh hari, minimal satu minggu sebelum melakukan perjalanan.

Baca Juga: Ini Cara Daftar Program Kirim Motor Gratis PT KAI Untuk Para Pemudik

Lakukan servis secara menyeluruh, terutama bagian mesin, oli dan kelistrikan.

Walaupun motor sudah dilakukan servis, sebaiknya kita tetap membawa beberapa sparepart cadangan seperti busi, sambungan rantai, v-belt cadangan, serta tentu saja wajib membawa toolkit untuk menghadapi kondisi darurat di sepanjang perjalanan.

Source : Tribunnews.com
Penulis : Indra Fikri
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular