Beneran Nih Motor Listrik Bisa Nyetrum Kalau Hujan Atau Terobos Banjir? Mitos Atau Fakta

Muhammad Farhan,Indra Fikri - Kamis, 28 April 2022 | 19:05 WIB
Instagram.com/gesits.semarang
Beneran nih, motor listrik bisa nyetrum kalau kena hujan atau menerobos banjir? Mitos atau fakta, ya?

MOTOR Plus-online.com - Beneran nih, motor listrik bisa nyetrum kalau kena hujan atau menerobos banjir? Mitos atau fakta, ya?

Dibandingkan motor bensin, masih banyak yang khawatir dengan motor listrik terutama saat kondisi hujan atau kondisi jalanan dengan genangan air.

Banyak yang takut kalau motor listrik rawan rusak atau bermasalah jika dipakai dalam kondisi hujan atau saat lewat genangan.

Faktanya, meskipun bertenaga listrik dan punya tegangan tinggi, motor listrik bisa digunakan dengan aman layaknya motor biasa saat kondisi hujan dan banyak genangan.

"Sebab jenis arus yang digunakan sudah dirancang aman bagi pengguna motor, kalaupun terjadi korsleting sudah ada sekring yang berfungsi memutus arus secara otomatis," kata Ady Siswanto, owner bengkel Petrikbike, Bekasi, Jawa Barat.

Enggak sampai bikin tersengat listrik, seandainya nekat dipakai menerobos banjir paling parah komponen motor listrik hanya terjadi kerusakan.

"Komponen motor listrik sendiri dari pabrikan umumnya sudah dirancang kedap air, namun jika kondisinya terendam air tetap saja ada risiko korsleting," ungkapnya.

Nah supaya aman dikendarai meski lewat genangan air, ternyata patokannya pun mudah buat kalian yang sudah biasa mengendarai motor bensin konvensional.

Baca Juga: Ini Bagian-bagian Motor Listrik Yang Wajib Diservis, Biaya Mulai Rp 100 Ribuan

"Aman jika tinggi air hanya sekitar 20-30 cm dari permukaan jalan. Atau kondisi banjir dengan maksimal kedalaman setinggi dek kaki atau as roda motor," ucap Ady.

Sama seperti motor bensin, lebih dari itu sebaiknya hindari saja dan cari jalan alternatif lain yang tidak tergenang air.

Bisa dibilang kalau ketemu genangan air atau banjir, antara pakai motor bensin dan motor listrik enggak ada bedanya tuh.

Kalau cuma hujan saja sih enggak akan terjadi masalah dan enggak perlu takut nyetrum juga pakai motor listrik saat hujan.

Source : GridOto.com
Penulis : Muhammad Farhan
Editor : Indra GT

Video Pilihan




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

Tag Popular