Pemerintah Rencanakan Naikan Harga Pertalite, Masyarakat Mampu Diharap Tak Gunakan BBM Subsidi

Aditya Prathama - Minggu, 21 Agustus 2022 | 21:20 WIB
Kompas.com/Garry Lotulung
Masyrakat mampu diharapkan tidak melakukan pembelian Pertalite saat Harga BBM mulai naik

Motor Plus-online.com - Pemerintah bakal menaikan harga Pertalite, masyarakat mampu diharapkan tak gunakan BBM subsidi lagi.

Pemerintah merencanakan kenaikan harga Pertalite yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat dibulan Agustus 2022 ini.

Saat ini, harga BBM Subsidi Pertalite dibanderol Rp 7.650 per liter untuk wilayah Jakarata dan diisukan akan naik menjadi Rp 10.000 per liter.

Keputusan tersebut dipicu Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2022 terus membengkak pada tahun 2022 ini.

APBN tak mampu lagi menampung beban subsidi BBM yang kini sudah mencapai Rp 502 triliun.

Apabila pemerintah tidak segera merespons hal ini dengan penyesuaian kebijakan, maka diperkirakan anggaran yang dikeluarkan BBM Subsidi akan mencapai Rp 550 triliun di akhir tahun 2022.

Dikutip dari Kompas.com, Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menegaskan di tengah tingginya harga BBM, Pemerintah berkomitmen untuk tetap mengupayakan ketersediaan BBM untuk masyarakat.

Namun demikian, saat ini sedang disiapkan beberapa opsi agar BBM subsidi yang memang peruntukkan untuk masyarakat berdaya beli menengah ke bawah dapat tepat sasaran.

Baca Juga: APBN Tekor, Harga BBM Subsidi Pertalite Naik Kiat Semakin Dekat?

"Saat ini sedang dikaji banyak opsi secara keseluruhan, nanti kita akan pilih yang terbaik, karena subsisdi ini kompensasinya sudah berat sekali, sementara harga minyak masih cukup tinggi," ujar Arifin Jumat (19/8/2022).

Source : Kompas.com
Penulis : Aditya Prathama
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular