Copot Pelat Nomor Demi Hindari ETLE, Langsung Diduga Motor Maling

Albi Arangga - Rabu, 7 Desember 2022 | 07:50 WIB
Istimewa
Ilustrasi pemotor copot pelat nomor demi hindari ETLE patut diduga motor maling.

MOTOR Plus-Online.com - Langsung diduga maling motor kala ada pelat nomor yang dicopot demi terhindar dari pantauan kamera ETLE.

Pasca Kapolri Jenderal Listyo Sigit mengintruksikan jajarannya untuk meniadakan tilang manual, ada fenomena unik yang terjadi di masyarakat.

Fenomena tersebut yakni banyaknya pemotor yang menekuk atau mencopot pelat nomor motor.

Usut punya usut, ternyata hal itu dilakukan demi menghindari pantauan kamera ETLE. Para pemotor tersebut tahu kalau sistem ETLE mengidentifikasi pelat nomor motor pelanggar lalu lintas.

Jika motor pelanggar tidak terpasang pelat nomornya, maka kamera ETLE tidak mampu mengidentifikasi siapa pelanggar tersebut.

Karena fenomena tersebut, Dirlantas Polda Metro jaya memiliki rencana yakni menyita motor atau kendaraan yang tidak terpasang pelat nomor.

Fenomena tersebut rupanya pun menarik tanggapan dari pemerhati transportasi dan hukum, Budiyanto.

Menurutnya, rencana Dirlantas Polda Metro Jaya untuk menyita kendaraan yang mencopot pelat nomor merupakan tindakan yang tepat.

Baca Juga: 10 Pelanggaran Yang Bisa Direkam Kamera ETLE, Dendanya Bisa Bikin Kantong Bolong

Budiyanto menjelaskan kendaraan yang tidak memakai pelat nomor patut dicurigai merupakan hasil tindak kejahatan atau bahkan dapat digunakan untuk melakukan tindak kriminal.

Source : Kompas.com
Penulis : Albi Arangga
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular